TUGAS: KOMPUTER ANAK (KELAS TEGAL)

|

PETUNJUK:
1. Berikan komentar/argumentasi pembelajaran komputer anak
2. Berikan komentar dengan mencantumkan Nama dan NIM saudara
3. Komentar/argumentasi saudara dihitung sebagai pertemuan tambahan perkuliahan
4. Selamat mencoba dan belajar.. SUKSES..

SOAL:
1. Dalam standar kompetensi pendidik PAUD, pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Jelaskan
2. Bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas.
3. Berikan masukan-masukan tentang materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan.

33 komentar:

Unknown mengatakan...

May Bangkitiany
NIM. 1601908058

1. Pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran di sekolah, selain dapat memberi kontribusi terhadap pengetahuan dan keterampilan anak juga dapat membantu guru untuk dapat mempermudah proses belajar, memperjelas materi pembelajaran dengan berbagai contoh yang konkret, Memfasilitasi interaksi dengan anak, memberikan kesempatan praktek kepada anak, dan memberikan kesempatan evaluasi beragam bentuk media dan teknologi pembelajaran.
2. Bekal kemampuan pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas, yakni pendidik harus memiliki wawasan dalam memilih software-software seri educative for children dan bermain dengan program office terutama Powerpoint sehingga dapat mengeksplorasi kreativitas anak dan diharapkan akan menjadi modal awal untuk masa depan mereka kelak.
3. Selain materi pembelajaran komputer anak yang telah Bapak berikan dalam perkuliahan, saya memberikan masukan materi lain dengan mengenalkan pada anak bahwa komputer satu dengan komputer yang lainnya dapat berhubungan bahkan di seluruh dunia melalui jaringan atau internet, sehingga anak dapat berkenalan dan bermain game dengan anak-anak lain di seluruh dunia pula.

SYAUQI RAFAEL mengatakan...

NUR ANISAH
NIM: 1601908035

1. Pendidik adalah sumber ilmu bagi anak didiknya. Seotang pendidik harus tahu akan informasi-anformasi yang terbaru, khususnya informasi tentang pendidikan anak usia dini untuk diberikan pada anak didiknya. untuk memperoleh informasi tersebut, pendidik harus memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi seperti internet. Pendidik harus tahu akan cara menggunakan dan mengoperasikannya, dengan cara mendownload file / program / tentang informasi yang lainnnya. Dengan memanfaatkan tehnologi infotmasi dan komunikasi, maka pengetahuan yang dimiliki pendidik bertambah banyak dan upaya pengembangan diri sebagai seorang pendidik yang profesional.
2. Bekal kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak didik :
a. Pendidik harus mengetahui tentang komputer
b. Pendidik harus memahami tentang ilmu/pengetahuan komputer
c. Pendidik harus bisa mangoperasikannya
d. Pendidik harus bisa memilih program apa saja yang harus diberikan untuk pembelajaran anak didiknya
e. Berusaha membuat program animasi untuk pembelajaran anak usia dini.

3. Pembelajaean komputer anak yang perlu ditambahkan :
 Materi cara cepat membelajarkan komputer anak
 Program pembelajaran computer anak yang mudah untuk diajarkan atau diberikan kepada anak

Unknown mengatakan...

IING INDRAWATI
NIM : 1601908051

1. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan pengembangan diri maksudnya adalah dalam pelaksanaan kegiatan pada anak usia dini dapat memanfaatkan teknologi untuk kelancaran kegiatan misalanya tape, radio, televise dan komputer. Selain itu dengan menggunakan teknologi informasi akan membuka wawasan bagi anak akan perkembangan dan perlunya teknologi. Pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran akan lebih menarik sehingga anak terdorong untuk menyukai belajar.

2. Bekal kemampuan yang harus dimiliki seorang pendidik dalam pembelajaran komputer di kelas yaitu dengan menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, menjelaskan pentingnya penggunaan komputer dan menyediakan peralatan belajar yang tepat, proses belajar akan jadi menarik dan dapat dinikmati anak. Selain itu pendidik juga harus memiliki ketrampilan program komputer anak, serta mendesain kurikulum untuk mempercepat penguasaan keterampilan perkembangan seiring dengan pertumbuhan anak misalnya kompetensi komputer : pengetahuan dasar, control mouse, ketrampilan menggunakan keyboard. Dan dapat juga mengajarkan beberapa aktivitas langsung sekaligus, misalnya bagaimana cara menyalakan dan mematikan komputer dengan benar, bagaimana memasukkan CD / disket ke drive masing-masing, tunjukkkan cara yang benar memegang CD / disket, keterampilan menggunakan mouse, beberapa keterampilan dasar menggunakan keyboard seperti letak-letak tombol (ENTER) dan (ESC). Cara yang terbaik untuk memulai adalah meminta anak menuliskan nama mereka menggunakan keyboard.

3. Menurut saya masukan dalam materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan adalah pembuatan program animasi pembelajaran anak usia dini, materi mendongeng atau bercerita dengan gambar-gambar animasi. Karena dengan program animasi anak akan lebih tertarik untuk belajar.

guitarlesson mengatakan...

NAMA : SAIDAH RODIYAH
NIM : 1601908005
S1 PG PAUD TEGAL

SOAL DAN JAWABAN

1. Dalam stadar kompetensi pendidik PAUD, pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Jelaskan !
 Untuk dapat memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi dalam memperbaiki mutu pembelajaran ada tiga hal yang harus diwujudkan yaitu :
1. Siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan guru.
2. Harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna, dan dukungan cultural bagi anak dan guru.
3. Guru harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan alat-alat dan sumber-sumber digital untuk membantu anak agar mencapai standar akademi

2. Bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran computer anak di kelas ? Nama saya SAIDAH RODIYAH, NIM : 1601908055, S1 PG PAUD TEGAL
 Bekal kemmapuan yang harus dimiliki dalam pembelajaran computer baik dikelas maupun di luar kelas adalah pembelajaran dipandang sebagai :
1. Sebagai penyampai pengetahuan, sumber utama informasi, ahli materi dan sumber segala jawaban, sebagai fasilitator pembelajaran, pelatih dan mitra belajar.
2. Mengendalikan dan mengarahkan semua aspke pembelajaran menjadi lebih banyak memberikan dan lebih banyak alternative dan tanggung jawab kepada setiap anak dalam proses pembelajaran.

3. Berikan masukan-masukan tentang materi pembelajaran computer anak yang perlu di tambahkan ?
• Bagaimana cara memasukkan CD / Disket ke dalam Drive masing-masing.
• Tunjukan cara yang benar untuk memegang CD atau disket
• Keterampilan cara menggunakan mouse
• Keterampilan dasar dalam menggunakan keyboard antara lain letak-letak tombol enter, ESC dengan memulai yang baik dengan menulis nama sendiri menggunakan keyboard

Unknown mengatakan...

erni fatmawati
nim:1601908018
1. penggunaan komputer anak sejak dini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengembangan diri pada anak. dengan program-program/ game komputer yang tepat, anak dikenalkan pada kosakata yang lebih banyak dengan aksen yang berbeda-beda. pada anak usia dini mampu menyerap kata-kata baru dengan cepat. sehingga kosa kata anak bertambah banyak dan kemampuan berkomunikasi meningkat. begitu juga dengan program-program/game komputer memungkinkan anak untuk membuat kesalahan, kemudian anak berusaha memperbaikinya dan melakukannya lagi tanpa takut dimarahi. hal ini anak akan mempunyai sikap yang lebih berani mengambil resiko, lebih independen dan lebih percaya diri.
2. kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak dikelas:
*kemampuan pengoperasian komputer
*kemampuan pemeliharaan hardwere
*pendidik mengetahui tentang cara pengoperasian komputer untuk digunakan di dalam kelas
*pendidik memilki pengetahuan tentang komponen penting dalam komputer
*pendidik harus mampu mengintegrasikan pembelajaran melalui komputer dalam kurikulum
*pendidik mengetahui tehnik-tehnik pembelajaran menggunakan komputer
*pendidik peka terhadap tehnologi terkini seperti: internet, program-program komputer terbaru seperti animasi, corel dll.
3 adapun materi yang perlu ditambahkan anatara lain:
*program animasi dan cara pembuatan dan penggunaanya
*pembuatan CD interaktif
*program-program komputer seperti corel, power pont, dll dalam pembelajaran komputer anak
*tersedianya fasilitas sarana dan prasarana seperti komputer dan internet

Unknown mengatakan...

NURKHAYATUN
NIM 1601908036


1. Pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri karena pada jaman modern ini, teknologi informasi dan komunikasi sangat penting, khususnya computer. Komputer pada masa ini sudah menjadi bagian sehari-hari tidak bias di pisahkan lagi. Jadi jika pendidik mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, maka dapat menstimulasi beberapa kecerdasan anak didik. Misalnya:
- Kecerdasan kognitif yaitu dengan bertambahnya pengetahuan anak dan kemampuan anak dalam memahami sesuatu.
- Kecerdasan bahasa yaitu dapat di lihat dari bertambahnya kosakata anak.
- Menstimulasi perkembangan motorik halus.

2. Kemampuan yang harus di miliki pendidik dalam pembelajaran computer anak di kelas antara lain:
- Pendidik harus bisa menggunakan computer.
- Pendidik harus bisa menerapkannya pada anak didik.

3. Materi pembelajaran computer anak yang perlu di tambahkan adalah :
- Membuat background tampilan layer
- Pembelajaran tentang irama atau ritme
- Pembelajaran tentang mendesain bentuk
- Pembelajaran tentang gaya belajar.

Unknown mengatakan...

UCE WINARNI
NIM 1601908033

1. Saya setuju dengan adanya standar kompetensi pendidik PAUD yang mengharuskan pendidik dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi karena hamper seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat di lepaskan dari teknologi informasi, khusus nya teknologi computer.teknologi computer memberikan kemudahan dalam pengolahan data dengan cepat, tepat, dan efisien .Bahkan melalui internet kita dapat mencari informasi dari seluruh pelosok dunia.Sebagai pendidik, kita dapat memperkenalkan computer sejak anak usia dini agar anak mengetahui dan memahami tentang computer.
2. Sebagai seorang pendidik,kemampuan yang harus dimiliki dalam pembelajaran computer adalah mengerti dan memahami bagaimana cara mengoprasikan computer secara baik, dan memilih program program yang sesui untuk anak dengan cara pendidik mengikuti pelatihan computer.
3. Materi pembelajaran computer anak yang perlu di tambah adalah
- memadukan fungsi inset dengan program wordstar dengan tujuan memdukan antara teks dengan gambar
- Membuat program baru yang sederhana menarik dan mudah di pahami anak seperti , game dan animasi
- Mengenalkan tentang keuntungan dan kelemahan menggunakan komputer

Unknown mengatakan...

NUR ANISAH
NIM: 1601908035

1. Pendidik adalah sumber ilmu bagi anak didiknya. Seotang pendidik harus tahu akan informasi-anformasi yang terbaru, khususnya informasi tentang pendidikan anak usia dini untuk diberikan pada anak didiknya. untuk memperoleh informasi tersebut, pendidik harus memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi seperti internet. Pendidik harus tahu akan cara menggunakan dan mengoperasikannya, dengan cara mendownload file / program / tentang informasi yang lainnnya. Dengan memanfaatkan tehnologi infotmasi dan komunikasi, maka pengetahuan yang dimiliki pendidik bertambah banyak dan upaya pengembangan diri sebagai seorang pendidik yang profesional.
2. Bekal kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak didik :
a. Pendidik harus mengetahui tentang komputer
b. Pendidik harus memahami tentang ilmu/pengetahuan komputer
c. Pendidik harus bisa mangoperasikannya
d. Pendidik harus bisa memilih program apa saja yang harus diberikan untuk pembelajaran anak didiknya
e. Berusaha membuat program animasi untuk pembelajaran anak usia dini.

3. Pembelajaean komputer anak yang perlu ditambahkan :
 Materi cara cepat membelajarkan komputer anak
 Program pembelajaran computer anak yang mudah untuk diajarkan atau diberikan kepada anak

Unknown mengatakan...

Nama: TH.S.HEMI HARITRIATMI
Nim : 1601908040
S1 PAUD UNNES TEGAL

1.Dengan adanya standar kompetensi pendidikan PAUD,bahwa pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komnikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri :

jawaban :
Di sini pendidik di tuntut mengenal dan menggunakan teknologi informatika dalam hal ini komputer sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di sekolah.Dan di sini pendidik di tuntut untuk lebih kreatif dalam pembelajaran,sehingga anak sejak dini dikenalkan dengan produk teknologi informasi dan komunikasi ,anak dapat beradaptasi dengan berbagai macam produk teknologi,memiliki appresiasi terhadap teknologi serta anak mampu mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi .Dengan kemampuan memanfaatkan informasi dan komunikasi ini ,pendidik dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak lebih baik lagi.

2.Bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas :

Jawaban:
Pendidik harus menguasai pembelajaran dengan media komputer melalui pelatihan maupun magang dalam bidang pembelajaran komputer sehingga guru sudah handal dan trampil dalam memberikan pembelajaran komputer di kelas,dan guru harus dapat memilih software yang dapat membantu mengembangkan kreativitas anak.

3.Berikan masukan-masukan tentang materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan

Jawaban:
Adanya metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kreativitas anak dalam bermain komputer.
Adanya materi penguasaan aplikasi penggunaan software komputer yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan jenis kompetensi yang hendak di capai.

herlina mengatakan...

Herlina
NIM : 1601908047

1. manfaat teknologi informasi dan komputer untuk pengembangan diri pada anak usia dini adalah sebagai jendela untuk anak melihat dunia luar, memberikan pengalaman baru pada anak, untuk mempermudah proses pembelajaran pada anak usia dini dan memberikan kesempatan praktek pada anak tentang tekhnologi dan informasi pendidikan.
2. Bekal yang dimiliki oleh pendidik dalam pengenalan teknologi informatika adalah guru harus mengenal komputer dan program-programnya, sehingga bisa menyalurkannya kepada anak didiknya dengan metode demonstrasi dan praktek langsung.
3. masukan materi pembelajaran komputer yang perlu di tambahkan adalah
- memberikan pelatihan-pelatihan yang menyenangkan melalui game/permainan
- pengenalan perangkat komputer pada anak usia dini
- anak belajar menggunakan komputer

srihartatipisces59 mengatakan...

Sri Hartati

NIM : 1601908059

1. a. Karena teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia.
b. Karena hamper semua kegiatan manusia memanfaatkan teknologi, baik yang sederhana maupun yang canggih.
c. Dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengembangan diri anak dengan program – program / software computer yang tepat. Anak dikenalkan dengan kosakata yang lebih banyak dengan akses yang berbeda – beda. Pada anak usia dini mampu menyerap kata-kata baru dengan cepat, sehingga kosakata anak, bertambah banyak, dan kemampuan berkomunikasi meningkat. Dengan program / software computer, memungkinkan anak untuk membuat kesalahan, kemudian anak berusaha memperbaikinya dan melakukannya lagi tanpa takut dimarahi. Dengan hal ini anak akan mempunya sikap yang lebih berani mengambil resiko dan lebih percaya diri.

2. Bakat kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran computer anak.
a. Pendidik harus mengetahui tentan computer.
b. Lingkungan belajar yang konduktif, menjelaskan pentingnya komputer dan menyediakan, peralatan belajar yang tepat, proses belajar menjadi menarik, dan dapat dinikmati anak.
c. Pendidik harus mengetahui, memahami tentang komputer.
d. Pendidik harus dapat mengoperasikan komputer.
e. Pendidik harus dapat memilih program apa saja yang harus diberikan untuk pembelajaran anak.
f. Dapat mengajarkan aktivitas langsung.
Misal : Keterampilan menggunakan mouse, keyboard, seperti letak tombol( enter )
Yang terbaik untuk memulai yaitu, meminta anak menuliskan nama mereka menggunakan keyboard.

3. Masukan-masukan tentang materi pembelajaran computer anak yang perlu ditambahkan.
a. Program pembelajaran computer adalah cara yang mudah untuk diajarkan atau diberikan kepada anak.
b. Bahwa computer yang satu dengan computer yang satu dengan yang lain dapat berhubungan, bahkan di seluruh dunia, melalui jaringan internet, sehingga anak dapat untuk berkenalan dengan anak-anak di seluruh dunia.
c. Program animasi dan cara pembuatan serta penggunaannya.
d. Pembuatan CD interaktif.
f. Program-program computer seperti corel, power point, dll dalam pembelajaran computer anak.
g. Tersedianya fasilitas sarana dan prasarana sepert computer dan internet.

dedy mengatakan...

DWI AYU PERMATASARI
1601908042
1. Pada masa kini, pemanfaatan teknologi informasi sangat penting jadi diharapkan anak usia dini mampu mengenal dan menggunakan teknologi ini untuk menambah pengetahuan serta ketrampilan yang positif. sebelum anak usia dini bisa menggunakan teknologi ini maka pendidik dituntut mampu melakukan pembelajaran dengan teknologi informasi terutama yang banyak memberi pengetahuan adalah media komputer. media ini dapat mempermudah proses pembelajaran pada anak karena bersifat konkret, pendidik juga dapat melakukan komunikasi dengan anak didik melalui teknologi ini, walaupun dengan gambar yang diperlihatkan antara pendidik dan anak didik dapat langsung saling berkomunikasi yaitu anak akan bertanya pada pendidik. media ini juga harus dikembangkan sesuai dengan usia anak didik.
2. Kemampuan yang perlu dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak dikelas antara lain : dapat menggunakan komputer, mengakses internet tentang pengetahuan yang sesuai dengan usia perkembangan anak, memilih software yang mendidik untuk kegiatan pembelajaran.
3.Banyak sekali pembelajaran yang bisa didapat dari komputer contoh : menyanyi, menggambar, mewarnai, membaca, menulis, game pendidikan, membuat lagu, membuat syair, pengenalan alat - alat komputer, dengan internet anak - anak juga mengetahui banyak hal.selain kegiatan yang telah disebutkan saya juga memberi pengetahuan pada anak didik bahwa komputer juga dapat melihat wajah anak lain diseluruh dunia dan bisa berkomunikasi secara langsung dengan alat khusus. masukan pembelajaran komputer yang lain yaitu : pengenalan alat komputer dengan praktek.

Unknown mengatakan...

Rahmawati
Nim : 1601908049


1.Bahwa kemajuan teknologi komunikasi dan informasi saat ini telah mengubah paradigma pembelajaran. Paradigma lama menganggap pendidik sebagai satu-satunya sumber informasi dalam pembelajaran. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi membuat pendidik tidak lagi harus berperan sebagai pengajar semata, tapi menjadi pengelola dan pengembang proses pembelajaran. Pendidik perlu lebih banyak berperan dalam memfasilitasi anak didik dalam belajar. Untuk memerankan hal ini pendidik harus lebih banyak belajar dan mengembangkan kemampuan pribadi. Termasuk di dalamnya penguasaan teknologi komunikasi. Pendidik harus memiliki pengetahuan yang baik tentang komputer dan teknologi komunikasi sebelum dapat mengajarkannya kepada anak didik.
Sebagai seorang pendidik kita perlu menyiapkan anak didik agar mampu menjalankan kehidupan di masa depan. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini adalah bagaimana yang membuat peserta didik mampu belajar dengan baik dan menyenangkan. Kemampuan ini harus diajarkan sejak anak usia dini. Pendidik harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang memungkinkan anak menyukai kegiatan belajar. Dan kegiatan pembelajaran pada anak usia dini tentunya harus disesuaikan dengan karakteristik anak pada usia tersebut.
2.Adapun kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas, antara lain :
Pendidik harus memiliki pengetahuan yang baik tentang potensi teknologi komputer sebagai sarana pembelajaran anak usia dini.
Pendidik harus mengenal kelebihan dan keterbatasan teknologi komputer dan mampu mengoperasikannya.
Pendidik harus memahami karakteristik anak usia dini
Pendidik harus mengetahui bagaimana teknik/strategi dan metode pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini.
3. Materi-materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan, yaitu:
Selain materi-materi menggambar, menyanyi, membaca, menulis, berhitung, musik, dll,juga dapat ditambahkan dengan materi pengenalan internet pada anak usia dini.
Internet merupakan salah satu media yang dapat digunakan secara kreatif oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak usia dini.Pendidik dapat membuka situs web yang berisi informasi yang dapat menambah pengetahuan dan menanamkan sikap positif da
lam diri anak. Dengan menggunakan internet pendidik dapat mendownload informasi yang berisi permainan dan gambar-gambar yang dapat diaplikasikan dalam aktifitas pembelajaran pada anak usia dini.

Unknown mengatakan...

Heni Sugini
NIM: 1601908054

1. Dengan memanfaatkan teknologi informasi seorang pendidik mampu memiliki peran besar dalam upaya untuk memperluas akses dan dapat meningkatkan mutu pendidikan, karena dengan adanya TIK memungkinkan terjadinya proses belajar yang efektif dan efisien serta dapat memfasilitasi terjadinya proses belajar kapan saja dan dimana saja.

2. Bekal seorang pendidik yaitu harus menguasai materi tentang komputer dan mampu mengondisikan kelas serta bisa mengoperasikan komputer sesuai minat anak didiknya.

3. - sejarah tentang komputer;
- mengenalkan komputernya dan komponennya;
- cara mengetik menggunakan Microsoft Word;
- membuat tabel menggunakan Microsoft Excel;
- menggambar menggunakan Paint.

Elfi Farkhati mengatakan...

Nama : Elfi Farkhati
N I M : 1601908057

1. Dengan teknologi informasi dan komunikasi kita bisa mendapatkan informasi secara lengkap dan up-to date tanpa batasan wilayah dengan biaya yang murah dan hemat waktu. Pendidik PAUD dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menambah pengetahunan dan wawasannya serta mencoba untuk belajar berkomunikasi lewat dunia maya.

2. Kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik PAUD dalam pembelajaran komputer di kelas antara lain:
- Memahami istilah-istilah dalam komputer.
- Mengetahui nama komponen-komponen PC dan fungsi dari masing-masing komponen tersebut.
- Dapat mengoperasikan komputer dengan benar.
- Menyiapkan kurikulum yang sesuai dengan kemampuan anak.
- Memberikan motivasi pada anak untuk belajar komputer.

3. Materi pembelajaran komputer untuk anak cukup banyak dan untuk mempelajarinya tidak bisa dilakukan secara instan, namun butuh waktu dan bimbingan. Bagi kami materi yang diberikan selama ini masih kurang, namun kami menyadari karena keterbatasan waktu kami perlu menambah pengetahuan dari sumber-sumber lain.

warsidahblog mengatakan...

KOMENTAR DARI :
NAMA : WARSIDAH
NIM : 1601908056
1. Dalam standar kompetensi pendidik PAUD, pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Jelaskan
Sebagaimana kita ketahui bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memauki pendidikan lebih lanjut.
Sistem pendidikan dewasa ini telah mengalami kemajuaan yang sangat pesat. Berbagai cara telah dikenalkan serta digunakan dalam proses belajar mengajar (PBM) dengan harapan pengajaran guru akan lebih berkesan dan pembeleajaran bagi murid akan lebih bermakna. Sejak beberapa tahun belakangan ini teknologi informasi dan komunikai telah banyak digunakan proses belajar mengajar (PBM), dengan satu tujuan mutu pendidikan akan selangkah lebih maju seiring dengan kemajuan teknologi.
2. Bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas.
Bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas adalah :
a. Memahami perangkat computer/multimedia
b. Mampu mengoperasikan computer/multimedia
c. Mengenal software sebagai media pembelajaran.
d. Menguasai presentasi
e. Menguasai program editing gambar dan film.

3. Berikan masukan-masukan tentang materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan.
Dalam upaya mengoptimalkan penguasaan siswa terhadap bahan ajar perlu ditambahkan materi pembelajaran yang bermakna dan dapat melatih jemampuan berpikir dan berbuat pada siswa diantaranya :
a. Pengenalan perangkat computer tipe terbaru, sehingga ketika anak ditengah masyarakat dapat menerapkan pengalaman yang diadapat.
b. Mengenalkan metode pembelajaran simulasi dan skala kecil.
c. Mengenalkan model pembelajaran melalui permainan, sehingga anak lebih tertarik dan bersemangat.
d. Menerapkan tes dengan computer sebagai media/alat
e. Cara merawat / memelihara computer agar tidak cepat rusak.
oo0oo

Unknown mengatakan...

Indah Ayu Rosita
NIM 1601908052

1. Guru yang profesional akan selalu ingin menambah ilmu pengetahuannya. Dengan mampu memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi seorang guru akan terus bertambah wawasannya akan ilmu pengetahuan. Tehnologi informasi dan komunikasi memberikan kemudahan dalam kita mengakses berbagai informasi yang kita butuhkan. Selain itu dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan memudahkan kita untuk berhubungan dengan pihak lain secara cepat dan tampa batas. Pendidik PAUD yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tidak akan merasa tertinggal walaupun berdomisili di pedesaan karena sekarang jaringan tehnologi informasi sudah sampai di pedesaan meskipun masih terbatas. Kaitannya dengan pembelajaran tentu saja dengan informasi yang terbaru dan dengan di dukung oleh sarana prasarana yang ada, pembelajaran di TK Pedesaan tidak akan tertinggal jauh karena para pendidiknya selalu mempunyai informasi yang baru untuk mengembangkan lembaga pendidikannya. Selain itu pemanfaatan media dan tehnologi dalam pembelajaran di sekolah dapat memberi kontribusi terhadap pengetahuan dan ketrampilan anak, mambantu guru untuk mempermudah Proses belajar mengajar, memperjelas materi pembelajaran dengan beragam contoh yang konkrit, memfasilitasi interaksi dengan anak, memberi kesempatan praktek damn memberi kesempatan evaluasi beragam bentuk media dan tehnologi pembelajaran.


2. Bekal kemampuan yang harus di miliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas antara lain :
 Penguasaan pembelajaran komputer anak
 Penerapan model pembelajaran yang menarik minat anak.
 Pengetahuan yang luas akan game-game yang di minati anak
 Pengusaan materi pembelajaran.
 Kemampuan mengali potensi anak dalam penguasaan komputer.
 Penguasaan komponen-komponen komputer dengan baik sehingga jika mengalami hambatan dalam pembelajaran yang berkaitan dengan hal teknis bisa mengatasi sendiri.
 Kepekaan terhadap minat dan kebutuhan anak.

3. Masukan-masukan tentang materi pembelajaran anak yang perlu di tambahkan selain materi-materi yangsudah ada selama ini :
• Materi tentang Sains / Ilmu pengetahuan Alam misal : proses perkembang biakan ayam, kupu-kupu, proses pertumbuhan tanaman, mengenal benda langit (tata surya) dll.
• Materi tentang penanaman Moral dan nilai-nilai agama melalui game-game interaktif.
• Materi pengembangan bahasa asing untuk Anak Usia Dini.
• Materi untuk anak-anak berkebutuhan khusus (tunarungu wicara, tuna daksa, dll)

Unknown mengatakan...

LILIS PUJI LESTARI
NIM : 1601908034

1. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat memberikan wawasan tentang teknologi komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh anak didik, selain itu dapat digunakan untuk media pembelajaran sehingga anak didik akan lebih memamahami perkembangan ilmu tentang komunikasi. Sekarang ini pendidik pun akan lebih mampu memanfaatkan informasi dan teknologi tersebut.

2. Bekal kemampuan yang dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer di kelas adalah :
- penguasaan diri tentang perangkat komputer baik perangkat lunak maupun perangkat keras, di samping itu menguasai kemampuan mengoperasikan jalannya komputer sehingga pendidik akan mudah memberikan pembelajaran tentang komputer.


3. Pembelajaran komputer pada anak diberikan melalui hal-hal yang nyata dulu, dimulai dari perangkat komputer tersebut. Dari pengenalan yang nyata ada, terus berkembang dengan pengenalan penggunaan komputer yang paling sederhana, sehingga anak didik akan menyenangi dan mampu dalam mempelajari tentang ilmu komputer

ufah mengatakan...

Nama : MA’RUFAH
NIM : 1601908032

1. Dalam standard kompetensi pendidik PAUD, pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri maksudnya :
Pada era globalisasi ini teknologi informasi dan komunikasi memegang peran peran yang sangat penting. Disini seorang pendidik harus mengenal, memahami dan dapat menggunakan computer (mengoperasikan dengan baik) sebab dengan menggunakan computer sejak dini dapat meningkatkan kemampuan dan kreatifitas anak serta pendidik dapat mengembangkan diri lewat internet dengan cara menggunakan dan mengoperasikan internet dengan baik.
2. Bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran computer anak di kelas :
Bekal yaitu :
- Pendidik harus tahu apa itu computer dan perangkatnya
- Pendidik harus bias mengakses computer tentang program-program di computer, terutama program-program anak usia dini.
- Pendidik bisa mengikuti pelatihan-pelatihan computer
- Pendidik mengetahui cara pemeliharaan hardware dan software.
3. Masukan-masukan materi pembelajaran computer anak perlu ditambahkan maksudnya :
Adanya pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kreatifitas anak dalam bermain computer.
Contohya :
- Permainan game house
- Pembelajaran warna (paint)
- Pembelajaran musik
- Pembelajaran CD interaktif
- Dan pengajaran tentang keuntungan dan kerugian computer.
Keuntungannya :
Bisa digunakan pemakainya baik pribadi, organisasi, pemerintah, kesehatan, pendidikan, social dan sebagainya.
Kerugiannya :
Membuat anak malas belajar, anak bersikap keras, pemborosan, membuat anak dapat melihat apa yang seharusnya belum dilihat, dan mengganggu kesehatan.

Ali Mukmin mengatakan...

Nama : Ali Mukmin
NIM : 1601908039
Prog : S1 PG PAUD UNNES Kelas Tegal

1. Dalam era globalisasi sekarang ini saya sangat setuju sekali apabila dalam pendidikan anak usia dini di berikan pembelajaran teknologi informasi yang berkenaan dengan semakin majunya teknologi informasi itu sendiri sangat dibutuhkan pengetahuan tentang ilmu pendidikan teknologi informasi ditanamkan atau diberikan pembelajarannya sejak dini agar anak-anak Indonesia siap menyongsong masa depan dengan persaingan yang semakin pesat dan tidak ketinggalan informasi tentang dunia teknologi dan informasi contohnya untuk anak-anak di Jepang sudah diberikan pembelajaran teknologi informasi sejak usia dini sehingga mereka siap untuk merubah dunia mereka dengan kreativitas mereka untuk menciptakan sesuatu yang baru demikian juga seharusnya Bangsa Indonesia sudah mempersiapkan generasi-generasi yang siap untuk bersaing dengan dunia meta data tanpa batas.

2. Sebagai seorang pendidik khususnya pendidik anak usia dini untuk mengimplementasikan pembelajaran teknologi dan informasi adalah :
- Pendidik mampu menyusun program pembelajaran dalam bidang komputer, memprogram maksud dan tujuan dalam pembelajaran tersebut
- Standar kompetensi sebagai pendidik anak usia dini.
- Seorang pendidik harus mengetahui nama alat dan fungsi dari alat tersebut serta apa yang harus dipahami dalam penggunaan alat tersebut (Komputer dan internet)
- Pendidik harus menguasai dan memahami cara kerja bidang teknologi informasi khususnya komputer dan internet
- Pendidik menguasai semua cara kerja dan fungsi komputer
- Pendidik menguasai program dan sistem dalam komputer dan mampu menguasai aplikasi yang akan diimplementasikan dalam pembelajaran teknologi informasi

3. Materi pembelajaran computer anak yang perlu di tambah adalah :
- Materi Permainan yang mengandung unsur pendidikan
- Pembelajaran yang mengandung unsur ketangkasan
- Pembelajaran yang mampu menumbuhkan kreativitas anak
- Belajar pintar Internet anak
- Buku Sarana Elektronika
- Penguasaan Pendidik itu sendiri memiliki kemampuan atau tidak sehingga perlu diadakannya diklat teknologi informasi khususnya komputer dan internet
- CD interaktif harus sering dipergunakan dan diperkenalkan kepada anak usia dini dalam pembelajaran
- Pendidik perlu diberikan diklat khusus pembelajaran Informasi Teknologi untuk Anak Usia Dini

Unknown mengatakan...

NINA TRISNAWATI NIM 1601908044
1.dalam standart kompetensi pendidikan AUD
pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi
dan mengembangkan diri.jelaskan
jawab :
peran guru sebagai fasilitator dalam
pelaksanaan pendidikan untuk anak usia dini
harus mampu mempelajari berbagai hal termasuk
memanfaatkan TIK sebagai sarana dalam proses
belajar mengajar.guru juga dapat dengan mudah
mengerjakan pekerjaannya dengan adanya
komputer dan pemanfaatan teknologi informasi
diperuntukan bagi peningkatan kinerja guru
2.bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh
pendidik dalam pembelajaran komputer anak
dikelas
jawab :
a.pendidik harus dapat mengakses komputer
b.pendidik harus menguasai materi-materi
pembelajaran komputer
c.pendidik harus tahu komputer
d.pendidik harus tahu bagian-bagian dari
komputer
f.pendidik harus mampu memahami dan
menentukan tingkat kemampuan anak dalam
pembelajaran
3.berikan masukan-masukan tentang materi
pembelajaran komputer anak yang perlu
ditambahkan
jawab :
a.pembelajaran bahasa jawa
b.pembelajaran bahasa asing
c.pembelajaran pembuatan video animasi
d.pembelajaran photoshop
e.pembelajaran cepat belajar komputer
f.pembelajaran science
g.pembelajaran corel draw
h.pembelajaran bagian-bagian komputer

Unknown mengatakan...

SITI JUHROTI
NIM. 16019028045
PGPAUD UNNES TEGAL

1. Dalam standar kompetensi pendidikan PAUD, pendidikan harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk komunikasi dan mengembangkan dirinya maksudnya :
- Dengan adanya teknologi komputerisasi dapat meningkatkan ketrampilan belajar dan stimulasi kreatifitas dan imajinasi.
- Meningkatkan ketrampilan verbal dan komunikasi.
- Meningkatnya perkembangan kepribadian dan penguasaan berfikir logis dan pemecahan masalah yang lebih baik.
- Pemahaman peralatan elektronik
2. Bekal kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer adalah :
- Pendidik harus menguasai komputer
- Pendidik harus mampu memberikan pembelajaran komputer
- Pendidik mengikuti pendidikan dan pelatihan komputer
- Pendidik mengetahui dan menguasai pemeliharaan komputer
3. Materi yang perlu ditambahkan dalam pembelajaran komputer anak adalah :
- Game house adalah permainan untuk anak usia dini
- Pembelajaran angka dan huruf
- Menggambar
- CD interaktif yang sering digunakan untuk pembelajaran komputer anak usia dini.

Unknown mengatakan...

ROFIAH
NIM. 1601908030
PG PAUD UNNES TEGAL


KOMENTAR :

1. Saya setuju dengan standar kompetensi pendidik PAUD tentang pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri sebab dalam era globalisasi sekarang ini para pendidik harus memiliki kompetensi yang lebih dan berkembang untuk perkembangan dan pertumbuhan anak didiknya. Dengan TIK para pendidik dapat mudah mengakses segala informasi yang ada diluar sana. Para pendidik juga dapat menambah pengetahuan dan menambah wawasannya untuk pembelajaran anak dikelas, sehingga TIK dapat disalurkan dan diberikan kepada anak didiknya dalam pembelajaran contohnya : mengenalkan huruf dan angka dengan gambar-gambar yang menarik, game interaktif tentang pembelajaran dan kegiatan belajar dan lain sebagainya. Dengan adanya TIK pendidik juga dapat berinteraksi dan dapat berkomunikasi dengan teman sejawat dan bertukar pikiran tentang pembelajaran yang sekarang berubah-ubah.

2. Bekal kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran computer anak adalah :
a. Pendidik harus tahu tentang pembelajaran computer anak.
b. Pendidik tahu tentang hal-hal mengenai computer dan bagian-bagian computer
c. Pendidik tahu penggunaan computer
d. Dalam mendidik, pendidik di PAUD disamping sebagai pendidik dan mendidik juga sebagai fasilitator bagi anak-anak didiknya.

3. Materi pembelajaran computer anak yang perlu ditambahkan yaitu :
a. Cara pembelajaran yang mudah tentang computer anak.
b. Pembelajaran computer yang sederhana dan dapat ditangkap, dipahami dan mudah dipraktekan kepada anak.
c. Program interaktif tentang kegiatan pembelajaran dalam kelas.
d. Gambar-gambar yang disukai anak dan yang menarik tentang pembelajaran, yang sifatnya mendidik.

Unknown mengatakan...

Ikariyati
1601908046
1. Pendidik harus mampu memanfaatkan teknilogi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, maksudnya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting untuk media pembelajaran anak usia dini. Selain itu komputer juga telah terbukti dapat menstimulasi pikiran yang sedang berkembang, memancing imajinasi dan kreatifitas, mengenalkan huruf, kteranpilan verbal, pemecahan masalah dan konseptual.

2. Bekal kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer:
a. Pendidik harus mampu menggunakan komputer
b. Pendidik harus menguasai materi pembelajaran komputer
c. Pendidik harus mampu membuat program-program yang cocok untuk anak usia dini

3. Materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan adalah materi pembelajaran cepat menggunakan komputer bagi anak usia dini.

Unknown mengatakan...

Umaroh
NIM 1601908029
1. Maksudnya adalah sebagai pendidik harus mampu dan mengerti tekhnologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri karena guru adalah sumber informasi dan sebagai contoh dimasyarakat untuk itu guru itu harus tau dan mengerti teknologi yang sekarang sedang berkembang biar tidak ketinggalan informasi.

2. Bekal kemampuan yang harus dimilikki pendidik dalam pembelajaran komputer adalah :
a. pendidik harus mengerti dan bisa mengoperasikan komputer.
b. pendidik harus mampu menerapkan pembelajaran komputer pada anak didiknya.
c. memfasilitasi anak didik dengan dibekali pembelajaran komputer.

3. Materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan antara lain :
a. cara menggunakan CD dikomputer
b. cara mengunakan mouse
c. cara menampilkan sesuatu
d. cara mengetik

Unknown mengatakan...

Nama: Suyatmi
NIM : 1601908037

1. Manfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri yaitu:
- Pendidik harus bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai contoh
internet.
- Pendidik diharapkan tahu akan cara menggunakan dan cara mengakseskan dengan cara
mendownload file/program pembelajaran AUD yang ada diinternet.

2. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pengetahuan anak semakin bertambah:
- Pendidik bisa mengoprasikan
- Menguasai dan memahami tentang ilmu pengetahuan computer
- Memilih program apa saja untuk pembelajaran AUD.
- Membuat program sesuai dengan perkembangan AUD.

3. Pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan dengan mengembangkan ketrampilan mengetik, kelancaran berbahasa, mengenalkan pengetahuan umum anak

Unknown mengatakan...

nama ; niniek kharmina
nim ; 1601908050
1. Dalam era globalisasi, dimana alat komunikasi yang maju pesat perkembangannya , kita sebagai pendidik jelas sangat dan harus bisa membuka diri untuk menambah wawasan pengetahuan dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia sebagai guru yang professional. Dalam hal ini tak terkecuali guru PAUD. Dengan penguasaan teknologi dan komunikasi yang dimiliki guru PAUD dapat memperkenalkan dan mengembangkannya dalam proses pembelajaran anak didiknya.
2. Kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran computer anak dikelas adalah ;
1. Dapat menjelaskan dengan jelas kegunaan computer sehingga anak mengerti dengan mudah maksud kegunaannya
2. Menjelaskan bahayanya aliran listrik yang ada didalam kabel-kabel
3. Mengajarkan itilah-istilah dasar computer pada anak, seperti mengenalkan komponen-komponen dalam computer seperti:
~ Mengenalkan CPU, motor, keyboard, mouse, speaker dan printer serta CD dan disket
4. - Bagaimana menyalakan dan mematikan computer
- Cara yang benar memegang CD/disket serta cara memasukkan CD ke dalam driver
- Keterampilan menggunakan mouse
- Mengajarkan keterampilan dasra menggunakan keyboard dengan meminta anak menulis nama panggilannya supaya tidak terlalu panjang
5. Menciptakan belajar yang menyenangkan dalam pembelajaran computer seperti :
- Menamai dan menulis nama masing-masing komponen
- Mewarnai gambar diagram
- Mencocokan gambar dengan namanya
- Mengisi titik-titik
3. Meteri yang perlu ditambahkan dalam pembelajaran computer yaitu :
1. Diadakannya Diklat tentang computer
2. Praktek computer sesering mungkin (pengadaan fasilitas computer secukupnya)

laelarita mengatakan...

Nama : LAELA RITA SUGIARTI

NIM : 1601908043



1.Pendidik PAUD harus memiliki kemampuan memanfaatkan tehnologi Informasi. Karena pendidik adalah sebagai fasilitator untuk anak didiknya dimana sebagai pendidik dituntut untuk bisa mengembangkan tenhologi informasi untuk diberikan kepada anak didiknya.Dengan memberikan informasi tehnologi pada anak dapat menumbuhkan kreatifitas.Dimana anak dapat memperoleh informasi terbaru melalui jaringan internet.

2.- Sebagai pendidik harus menguasai ilmu tentang pengetahuan komputer

- Pendidik harus mampu mengoprasikan komputer

- Sebagai pendidik harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan program komputer

- Pendidik harus bisa memberikan materi pembelajaran komputer anak dengan variasi

3.- Cara cepat belajar komputer

- Pelatihan tentang game

- Pembuatan CD interaktif

- Pembelajaran komputer yang dapat menumbuhkan kreatifitas

Percetakan Benny mengatakan...

Nama : Dina anggraeni
NIM : 1601908038

1. Dimana peran pendidik sebagai fasilitator dan pemotivasi serta mengembangkan model- model pembelajaran yang menarik. maka sudah saatnya teknologi informasi dan komunikasi digunakan seoptimal mungkin, karena teknologi informasi dan komunikasi merupakan media pembelajaran yang dapat menstimulasi berbagai macam kecerdasan.

2.Program yang harus saya ajarkan kepada mereka adalah Swish, program animasi. Saya biasakan mereka untuk menggambar dahulu, membiasakan mereka berakrab dengan mouse dan keyboard,
Aplikasi yang kedua adalah game Roadrash. Pada permainan tersebut rem menggunakan huruf X dan Z untuk gas. Pada saat saya mulai mengenalkan aplikasi anak untuk mengenal huruf, sulit sekali untuk merubah bila huruf Z harus dibaca jet, bukannya gas.
3.Belum ada kurikulum khusus mengenai pembelajaran komputer sebagai media belajar, terlebih yang mengatur program-program apa saja yang harus disampaikan, dan bagaimana cara mengajar yang paling efektif dengan komputer multimedia.contoh dari beberapa software yang diramu untuk membantu anak kita membuat karya, dengan fasilitas gambar yang cukup menarik dan beragam. Ditambah lagi jenis-jenis huruf, gambar-gambar yang sangat banyak dan variatif.

Unknown mengatakan...

Iva Noorlaila MS
(1601908007)
1. Dalam standar kompetensi pendidik PAUD, pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
a. Menfaat TIK untuk berkomunikasi
TIK dapat digunakan pendidik PAUD dalam melakukan komunikasi dengan siapa pun dan dari kalangan manapun. TIK mempunyai manfaat sangat besar jika dapat dimengerti, dipahami dan diimplementasikan pada pembelajaran. Dengan menggunakan media TIK pendidik PAUD mampu menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menarik bagi anak didik. Misal : penggunaan cd interaktif, video pembelajaran dsb mampu menjadi sarana komunikasi yang menarik bagi pembelajaran anak didik.
b. Manfaat TIK untuk mengembangkan diri
Pendidik PAUD yang memanfaatkan TIK akan mudah dalam mengembangkan diri, karena dengan menguasai TIK pendidik akan terhubung dan mendapatkan informasi dari dunia luar yang imbasnya dapat membantu pendidik mengembangkan dan mwngaktualisasikan diri.
2. Bekal kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas adalah kemampuan untuk mengetahui, memahami dan mengoperasikan computer serta memilih materi yang sesuai dengan kebutuhan anak.
3. masukan-masukan tentang materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan
a. Materi tentang cara pembuatan media pembelajaran berbasis computer, seperti pembuatan animasi sederhana dsb,sehingga pendidik PAUD tidak hanya bisa menggunakan produk tetapi bisa menciptakan produk.
b. Pengetahuan tentang cara merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis computer dengan materi yang sesuai dengan kebutuhan anak.

ayyumi mengatakan...

Nama : Tri Wahyuningsih
NIM : 1601908015
PKG PAUD UNNES
1.Dalam standar kompetensi pendidik PAUD, pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Jelaskan!

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan mengingat tuntutan zaman yang hampir semua aspek kehidupan menggunakan teknologi, oleh karena mulai sejak dini anak harus diajarkan tentang teknologi. Pengajaran teknologi dan informasi pada anak agar anak siap menghadapi masa depan yang sudah bergerak ke arah teknologi. Teknologi yang berbasis informasi dan komunikasi sudah menjadi bahan yang tidak asing lagi, penggunaannya sudah merambah hampir ke semua lapisan masyarakat. Contohnya pada teknologi informasi, penggunaan internet di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat cepat. Pencarian informasi bergerak ke arah yang praktis dan mudah. Masyarakat mulai mencari informasi dan berita maupun melakukan perdagangan dengan menggunakan media internet.
Pada teknologi komunikasi, di Indonesia sebagian besar orang memiliki dan menggunakan media ini untuk berkomunikasi. Oleh karena itu anak harus diajari cara memanfaatkan teknologi informasi dan komuikasi agar nantinya dapat menguasai 2 teknologi tersebut sehingga akan meningkatkan kualitas hidupnya.

2.Bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas.
1.Penguasaan akan pengoperasian komputer, cara mengoperasikan program-program di dalamnya, dan menginstal program.
2. Memiliki pengetahuan yang cukup akan komputer.
3. Memiliki kemampuan untuk mengajar dengan media komputer.
4. Mampu menggunakan dan mengembangkan CD interaktif untuk bahan pengajaran.
5. Penguasaan akan internet.

3.Berikan masukan-masukan tentang materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan.
1.Anak diberikan pelajaran pengenalan huruf dan angka melalui keyboard
2.Anak diberikan pelajaran untuk menggambar dan mewarnai melalui program yang ada di komputer
3.Anak diberikan pelajaran tentang manfaat dan bahaya komputer
4.Anak dikenalkan pada program-program yang biasanya digunakan di komputer.

Unknown mengatakan...

Nama : Mardhiyatus Salamah
Jur/Prog : FIP Unnes S1 PG PAUD Kelas Tegal
1. Pendidik harus mampu memanfaatkan teknilogi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri, maksudnya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting untuk media pembelajaran anak usia dini. Selain itu komputer juga telah terbukti dapat menstimulasi pikiran yang sedang berkembang, Pendidik PAUD yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tidak akan merasa tertinggal walaupun berdomisili di pedesaan karena sekarang jaringan tehnologi informasi sudah sampai di pedesaan meskipun masih terbatas. Kaitannya dengan pembelajaran tentu saja dengan informasi yang terbaru dan dengan di dukung oleh sarana prasarana yang ada. Sistem pendidikan dewasa ini telah mengalami kemajuaan yang sangat pesat. Berbagai cara telah dikenalkan serta digunakan dalam proses belajar mengajar dengan harapan pengajaran guru akan lebih berkesan dan pembeleajaran bagi murid akan lebih bermakna. Sejak beberapa tahun belakangan ini teknologi informasi dan komunikai telah banyak digunakan proses belajar mengajar, dengan satu tujuan mutu pendidikan akan selangkah lebih maju seiring dengan kemajuan teknologi.
2. Bekal kemampuan yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer adalah :
- Pendidik harus menguasai komputer
- Pendidik harus mampu memberikan pembelajaran computer
- Pendidik mengikuti pendidikan dan pelatihan computer
- Pendidik mengetahui dan menguasai pemeliharaan komputer
3. Masukan-masukan materi pembelajaran computer anak perlu ditambahkan maksudnya : Adanya pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kreatifitas anak dalam bermain computer. Contohya :
- Permainan game
- Pembelajaran warna
- Pembelajaran musik
- Pembelajaran CD interaktif
- Pengajaran tentang keuntungan dan kerugian computer.

Kelebihan-kelebihan yang bias diperoleh :
Bisa digunakan pemakainya baik pribadi, organisasi, pemerintah, kesehatan, pendidikan, social dan sebagainya.
Kekurangannya :
Membuat anak malas belajar, anak bersikap keras, pemborosan, membuat anak dapat melihat apa yang seharusnya belum dilihat, dan mengganggu kesehatan.

Unknown mengatakan...

Wulan Dwi Hapsari
NIM: 1601908018

SOAL:
1. Dalam standar kompetensi pendidik PAUD, pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Jelaskan
Penguasan teknologi informasi menjadi syarat mutlak untuk menjadi seorang pendidik PAUD yang professional. Karena dengan menguasi teknologi informasi pendidik PAUD mampu untuk berkomunikasi dan mencari informasi dengan cepat, serta sebagai ajang untuk pengembangan diri bagi penddidik PAUD dengan cera mencari relasi untuk mendapatkan berbagai macam sumber pengetahuan yang mendukung dalam tugasnya sebagai pendidik PAUD.
2. Bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas.
Jawab:
Pendidik PAUD harus mengenal dan menguasai cara secara teknis dalam penggunaan komputer, menguasai anak dan kelas dalam kegiatan pembelajaran komputer, mengetahui pemahaman yang baik terhadap materi untuk pembelajaran computer, mampu mengevaluasi media pembelajaran komputer yang digunakan. Dengan demikian pendidik PAUD akan menjadi pendidik komputer anak yang profesional
3. Berikan masukan-masukan tentang materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan.
Jawab:
1. Cara membuat CD interaktif
2. Permainan untuk pembelajaran anak lebih bevariatif, tidak hanya dari CD interaktif
3. Cara mendownload situs-situs materi pembelajaran komputer anak yang grastis

Posting Komentar