Tugas Mata Kuliah PIP

|
Petunjuk:
1. Soal ini berkaitan dengan argumentasi/pendapat saudara, sehingga tidak ada komentar/jawaban yang sama
2. Soal ini berkaitan dengan mata kuliah pengantar ilmu pendidikan
3. Mahasiswa yang menjawab/memberi komentar pada soal ini, sekaligus dianggap sebagai presensi pertemuan perkuliahan yang terakhir.

Soal:
1. Jelakan apa yang dimaksud dengan pendidikan menurut pendapat saudara?
2. Bagaimana peran pendidik/guru dalam pembelajaran di kelas?
2. Dinegara kita, model pendidikan apa yang paling sesuai?

19 komentar:

cuwunx mengatakan...

M. Adib abdillah
3201409098
Pend. Geografi
1. Menurut saya pendidikan adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk mengarahkan seseorang sehingga orang tersebut mengetahui sesuatu yang blum diketahuinya dan dapat berkembang sesuai bakat yang dimilikinya
2.Menurut saya peran guru didlam kelas hanyalah untuk pendamping dan pengarah peserta didik karena guru dikelas adalah sbgai fasilitator
Sehingga peserta didik dpat bekembang sesuai bakat dan kemampuan peserta didik tersebu.
3. Menurut saya pendidikan yang baik untuk negara indonesia adalah pendidikan yang
Prosesnya terdapat komunikasi dua arah dan memberi peserta didik sesuai bkat dan minat yang dimilikinya karena para peserta didik skarang sudah modren dan bepikir untuk maju

Unknown mengatakan...

Indah Dwi K.
3201409091
Pendidikan Geografi

1. Menurut saya, pendidikan adalah suatu upaya yang ditujukan untuk mendewasakan manusia melalui berbagai upaya yang dilakukan secara sadar dan berkelanjutan/continue serta dapat dilakukan dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun.

2. Peran guru di dalam kegiatan pembelajaran di kelas adalah sebagai motivator, fasilitator, dan sebagai penjamin kelancaran jalannya kegiatan belajar di kelas. di dalam pembelajaran di kelas, guru tidak lagi menjadi pusat kegiatan belajar, melainkan pembelajaran haruslah berpusat pada siswa. selain itu Guru dituntut untuk dapat untuk dapat berkreatif dan inovatif sesuai dengan kaidah pembelajaran PAIKEM. sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara optimal serta dapat menciptakan output yang berkualitas.

3. Menurut saya, model pendidikan yang paling sesuai untuk negara kita adalah model pendidikan yang menekankan pada pengembangan kecerdasan mental dan spiritual, tidak hanya mengedepankan pada kecerdasan akademik, serta materi yang diajarkan diharapkan lebih mengacu pada kehidupan nyata, tidak melulu diajari teori-teori yang kurang berguna nantinya. ini tidak berarti teori-teori yang ada sekarang ini tidak perlu diajarkan, akan tetapi harus lebih diseimbangkan mana yang sekiranya perlu dan tidak perlu untuk di ajarkan. Dengan model pendidikan yang seperti ini diharapkan ketiga aspek pendidikan, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dapat berkembang dengan baik sehingga kualitas pendidikan Indonesia pada umumnya dapat meningkat pula.

geograffitty mengatakan...

DEASY RS
3201409054
PEND.GEO
1. Pendidikan adalah suatu jalan untuk menuju yang lebih baik ditujukan unuk setiap orang,pendidikan mengubah dari sifat kanak-kanak menjadi dewasa,tidak tahu menjadi tahu,jalan untuk pengembangan bakat,dan menuju kesuksesan dalam hidup dlm segala hal.
2. Pendidik adalah fasiliator dlm segala hal,pendidik memberikan smua yang dimilikinya baik ilmu,sikap,sifat,pengalaman dll,mendorong pengembangan bakat pada anak,seta sebagai pemecahan masalah bagi siswa.
3. Model pendidikan yang tidak hanya pengembangan IQ tapi jg EQ, pengembangan minat dan bakat,pendidikan yg mencakup 3aspek kognitif,afektif,dan psikomotorik,kesehatan jasmani serta study lapangan(praktikum & pengenalan alam)

warsidahblog mengatakan...

Warsidah
NIM. 1601908056

1.Menurut saya pendidikan adalah upaya untuk memfasilitasi individu lain dalam mencapai kemandirian serta kematangan mentalnya sehingga dpat bertahan hidup dalam kompetisi kehidupannya

2.Peran guru dalam pembelajarn di kelas
a. Sebagai Perencana
Merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan bersama anak didik dalam bentuk :
-Program tahunan
-Program semester
-Program mingguan
-Program harian
b. Sebagai Pelaksana
Melaksanakan apa yang telah direncanakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas
c. Sebagai Evaluator
Mengaevaluasi/melakukan penilaian terhadap proses kegiatan belajar dan hasil kegiatan. Penilaian dinilai melalui observasi dan pengamatan terhadapcara belajar anak baik individual maupun kelompok

3. Model pendidikan yang sesuai di Indonesia adalah model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter untuk TK. Karena Model pendidikan ini menerapkan teori-teori sosial, emosi, kognitif, fisik, moral, dan spiritual. Model ini diharapkan dapat memampukan setiap anak untuk berkembang sebagai individu yang terintegrasi dengan baik (secara spiritual, intelektual, sosial, fisik, dan emosi, yang berpikir kreatif secara mandiri, dan bertanggung jawab).

Mega octian mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Mega octian mengatakan...

Komentar tugas


WALJINEM
NIP. 1601908048

1. Memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri yaitu pengetahuan dan ketrampilan anak sangat penting untuk mengenal dan membantu guru agar dapat mempermudah proses belajar mengajar, memperjelas materi pembelajaran dengan berbagai contoh yang kongret, memberi kesempatan praktek pada anak .
2. Bekal kemampuan pendidik dalam pembelajaran computer anak di kelas
• Pendidik harus lebih dulumenguasai computer
• Di sekolah computer harus tersedia
• Pendidik harus memiliki dalam memilih sofwer – sofwer seri, edukatif for children dan bermain dengan program office terutama power point sehingga dapat mengakses power point kreatifitas anak dan diterapkan akan menjadi modal awal untuk masadepan anak.
3. Masukan tentang materi pembelajaran pada anak bahwa computer satu dengan computer yang lain dapat berhubungan, saya menberi masukan bahkan diseluruh Indonesia melalui jaringan internet , sehingga anak dapat berkenalan dan bermain geme dengan anak – anak lain di seluruh Indonesia

Unknown mengatakan...

NAMA :WIJIANTO
NIM :3201409099
PRODI :PENDIDIKAN GEOGRAFI

1.Pendidikan adalah kegiatan sadar pemerintah dan masyarakat yang berbentuk dalam pengajaran da pelatihan kepada siswa agar mempunyai pengetahuan,ketrampilan dan pengalaman yang dapat berguna di masa depan.

2.peran pendidik sangat penting,karena guru merupakan fasilitator,pengarah dan penjelas dalam proses mendidik agar siswa dapat berkembang.

3.Model pendidikan yang tepat dimana guru sebagai fasilitator.Meteri dikembangkan sendiri oleh siswa dan apabila ada kesulitan,siswa dapat bertanya kepada guru.Disini guru bisa mengetahui karakter masing-masing siswa sehingga bisa melakukan pendekatan tersendiri agar siswa tersebut dapat berkembang.

istiqomah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
istiqomah mengatakan...

FITRIA NUR ISTIQOMAH
3301409068
PPKn

1. Menurut saya pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.
2. Guru memilki peran yang sangat vital dalam proses pembelajaran di kelas yaitu memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, mengevaluasi, menganalisis hasil evaluasi dan melakukan tindak lanjut.
3. Model pendidikan yang sesuai di indonesia adalah pendidikan yang sesuai dengan kepribadian di Indonesia. Model pendidikan sekarang sudah bagus, tetapi masih banyak pengajar yang belum menerapkan sacara baik dan benar ditambah dengan sarana yang seadanya sehingga tidak menunjang dengan baik model pendidikan itu sendiri.

ana mengatakan...

yuhana Dwi k.
3201409001
Pend.Geografi

1. Menurut saya pendidikan adalah usaha terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi diri mereka, agar memi;liki kesadaran spiritual, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, aklak, serta ketrampilan yang dapat dikembangkan di masyarakat.
2. Peran seorang guru didalam kelas yaitu sebagai :
a.Pendidiik: seorang guru harus dapatmendidilk, mengarahkan serta mengevaluasi peserta didik
b.Fasilitator: seorang guru mendampingi siswa dalam belajar
Untuk dapat mewujudkan semua peren itu seorang guru didalam kelas harus dapat :
a.Membaca setiap karakter siswanya
b.Mengenali perkembangan pada siswanya
c.MAmpu berkomunikasi baik dengan siswanjya
d.Menarik pengetahuan siswa dengan cara memberikan pertanyaan2
e.dll.
3. Model pendidikan yang sesuai di negara kita yaitu model pendidikan yang lebih mengutamakan praktik lapangan secara langsung, karena sekarang ini banyak peserta didiik yang leboih mengerti bila dipraktikan secara langsung dari pada dengan teori didalam kelas.

Unknown mengatakan...

nama :nur laily
nim:321409012
pendidikan geografi

1.pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan ,pengajaran/pelatihan untuk peranannya di masa mendatang dengan di awasi oleh orang dewasa (pendidik)untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan peserta didik untuk mengembangkan potensi dalam dirinya secara maksimal.

2.peran guru dalalm kelas adalah sebagai fasilitator ,penyedia materi, sebagai pengawas proses pengajaran dalam kelas dan sebagai pembimbing/ mengarahkan siswa untuk dapat mengkaji dan memehami materi yang telah di sampaikan pendidik di kelas.

3.sistem yang sesuai dangan kurikulum nasional tanpa meninggalkan kebudayaan dan jati diri bangsa indonesia serta di sesuaikan dengan kemampuan para pelajar indonesia.

EMAK PANDU mengatakan...

kurniasih
3201409033
pend. geografi

1. menurut saya pendidikan merupakan media dan proses pembelajaran dalam
meningkatkan SDM baik melalui pendidikan formal maupun non formal.
2. menurut saya peran pendidik dalam pembelajaran di kelas yaitu guru sebagai salah satu media dalam penyampaian materi pelajaran, guru juga dapat memberikan motifasi untuk keberhasilan didikannya karena guru juga sebagai orang tua ke2 di sekolah, selain itu guru dapat memberikan tauladan kepada dididkannya karena prilaku seseoang mudah ditiru dari pada harus mempelajari materi dari guru.
3. menurut saya metode pendidikan yang sesuai di Indonesia yaitu metode pendidikan yang sesuai dengan kurikulum, yang telah disesuaikan dengan kondisi siswa, sehingga siswa lebih mudah dalam penerimaan materi pelajaran.

modemoody mengatakan...

nama ; moh zainudin
nim ;3201409085
prodi ;pend.geografi


1.pendidikan menurut saya adalah satu proses pembelajaran dimana disitu ada pendidik dan peserta didik.
2. peran guru didalam kelas sangatlah penting karena disitu guru sebagai figur panutan atau contoh bagi murid murid nya.
3.menurut saya metode pendidikan yg sesuai di indonesia adalah menitik beratkan pada lifeskill jadi hal itu akan mencetak SDM yang berkualitas.

Unknown mengatakan...

Nama : Ahadiyah Ratnasari
NIM : 3201409092
Prodi : Pend. Geografi

1. Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis yang dilakukan oleh orang-orang yang diserahi tanggungjawab untuk mempengaruhi peserta didik agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan. Dapat juga diartikan sebagai sesuatu hal yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik atas pertumbuhan jasmani dan perkembangan rohaninya secara optimal.
2. Guru berperan sebagai perantara pembelajaran, yaitu menyampaikan pengetahuan atau ilmu yang telah cimiliki serta referensi-referensinya kepada muridnya dengan prinsip tidak hanya menjadikan siswa sebagai objek belaka tanpa adanya hubungan timbal balik antara guru dan siswa. Dan guru juga berperan sebagai perencana, pelaksana, dan evaluator.
3. Menurut saya model pendidikan yang paling sesuai diterapkan di negara kita adalah model pendidikan yang aktif dengan adanya komunikasi timbal balik antara guru dengan siswa. Dan disamping itu juga bisa sesuai dengan menggunakan model pendidikan atau pembelajaran dengan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kooperatif, yaitu pembelajaran dengan model kerjasama antar siswa.

Unknown mengatakan...

DENI PUSPITA SARI
NIM 3201409046
PEND.GEOGRAFI

1. Menurut saya pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan secara sadar,terencana dan sistematis yang dilakukan oleh pendidik atau orang-orang yang bertanggung jawab terhadap hal tersebut untuk membantu mewujudkan proses pembelajaran yang kondusif melalui kegiatan bimbingan pengajaran maupun pelatihan agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi diri mereka secara optimal sehingga dapat berguna bagi dirinya maupun masyarakat dimasa mendatang.
@. Menurut saya peran guru dalam pembelajaran dikelas adalah sebagai motivator dan fasilitator. Guru berperan sebagai perantara pembelajaran, yaitu menyampaikan materi atau ilmu pengetahuan yang dimiliki beserta referensinya kepada peserta didik agar mereka dapat memahami materi yand telah disampaikan dengan baik. Guru berperan sebagai perantara pembelajaran, yaitu menyampaikan pengetahuan atau ilmu yang telah cimiliki serta referensi-referensinya. Guru tidak lagi menjadi pusat kegiatan belajar, melainkan pembelajaran haruslah berpusat pada siswa atau peserta didik sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara optimal.
3. Menurut saya model pendidikan yang sesuai di indonesia adalah model pendidikan yang menerapkan proses pembelajaran secara aktif dalam artian tidak menjadikan peserta didik sebagai objek pembelajaran melainkan sebagai objek dengan demikian diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

modemoody mengatakan...

Arief Dhewekan Terus 10 Januari jam 21:39
Arief Budiman
3201409036

1.Menurut Saya, Pendidikan merupakan sarana untuk menyampaikan ilmu baru dari para pendidik kpada peserta didik. Di setiap negara mempunyi model pendidikan yang berbeda. Dan pendidikan mempunyai tujuan utama yaitu untuk membentuk individu-individu manusia menjadi lebih baik dan berguna.

2.Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas peran guru adalah sebagai pemberi materi namun dalam kurikulum sekarang guru harus lebih memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih kritis dalam menanggapi topik-topik pelajaran yang ada. Guru juga dapat mengembangkan materi-materi yang ada agar bisa dimengerti dan dipahami dengan mudah oleh peserta didik.

3.Pendidikan yang sudah dilaksanakan di Indonesia merupakan pendidikan yang sebenarnya dapat memberikan atau menghasilkan putra-putri bangsa yang berprestasi di tingkat Internasional. Namun dengan seringnya mengganti kurikulum yang telah ada menjadi kurikulum yang baru membuat pihak sekolah, pendidik, maupun peserta didik harus beradaptasi lagi dengan kurikulum yang ada. Untuk itu Perlu adanya pemantapan dalam menerapkan kurikulum, menurut saya kurikulum yang sesuai dengan keadaan pendidikan di Indonesia adalah Pendidikan yang mengutamakan kemandirian dan kreativitas peserta didik.

fuadiah mengatakan...

Fuadiah Laillatul Fajri
3201409065
Pend.Geografi


MENURUT SaYa:
1. Pendidikan adalah Suatu proses atau kegiatan dalam rangka untuk meningkatkan kepribadian, kecerdasan mengembangkan potensi yang dimiliki yang dilakukan secara terus menerus, berkesinambungan tanpa batas waktu yang ditentukan.
2. Peran pendidik dalam pembelajaran di kelas memegang peranan penting yaitu Pendidik diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Pendidik juga harus menguasai materi yang akan diajarkan,memberikan informasi-informasi, pengetahuan serta keterampilan kepada peserta didik.
Selain itu tidak hanya pendidik saja yang berperan aktif tetapi keterlibatan peserta didik juga sangat diharapkan karena masing-masing memiliki peran yang memberikan pengaruh satu dengan yang lainnya.Keberhasilan guru mengajar ditentukan oleh aktivitas siswa dalam belajar, demikian juga keberhasilan siswa dalam belajar ditentukan pula oleh peran guru dalam mengajar.
3. Model pendidikan yang sesuai yaitu Pendididkan yang tidak hanya menekankan pada teori-teori saja tetapi dengan mengembangkan keterampilan yang dimiliki hal ini sangat diharapkan agar seseorang dapat berfikir kreatif dan inovatif serta menghasikan SDM yang berkualitas untuk bekerja.

toto mengatakan...

Nama : Dewi Sugiarti
NIM : 3201409056
PRODI : Pend. Geografi
1. Pendidikan merupakan suatu proses atau usaha pembelajaran yang dilakukan seseorang guna memperoleh suatu pengetahuan untuk memperbaiki setiap pola tingkah laku yang dianggap masih kurang baik. Dasar pendidikan di Indonesia adalah pancasila, karena didalam pancasila terdapat seluruh cita-cita bangsa atau nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Proses pendidikan dapat berlangsung sepanjang hidup manusia ( sejak manusia terlahir sampai manusia tersebut meninggal dunia ). Proses pendidikan dapat dilakukan pada lembaga formal ( sekolah dan tempat kursus ) dan juga lembaga non formal ( keluarga, tempat bermain, masyarakat dan lingkungan sekitar ).

2. Peran guru disekolah adalah sebagai pembimbing, pengajar, pemberi semangat atau dorongan kepada siswa. Seorang guru disekolah mengemban 2 tanggung jawab yang besar yaitu tanggung jawab kepada orang tua dan tanggung jawab kepada masyarakat. Oleh karena itu dalam melakukan tugasnya guru harus mendasarinya dengan penuh kasih sayang sehingga dapat terwujud suatu suasana pembelajaran yang nyaman.


3. Metode pembelajaran yang perlu diterapkan di Indonesia adalah metode pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai subjek pembelajaran dan tidak menganggap siswa sebagai objek pembelajaran. Di Indonesia masih sering di jumpai guru yang memberlakukan siswa sebagai objek pembelajaran hal tersebut merupakan suatu tindakan yang salah. Subyek pembelajaran adalah guru dan siswa sedangkan objek pembelajaran adalah semua media yang dapat digunakan dalam membantu proses pembelajaran. Diharapkan di Indonesia dapat melakukan metode pembelajaran seperti ini supaya Negara Indonesia dapat menjadi Negara yang maju.

fatma_dian mengatakan...

Dian Fatmawati
3201409026
Pend.Geografi


1. Menurut saya pendidikan adalah suatu usaha sadar atau daya upaya yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik untuk meningkatkan pengetahuannya dan mengembangkan potensi - potensi serta bakat yang dimilikinya secara terus menerusdan berkesinambungan dengan proses sosialisasi yang dilakukan sedini mungkin oleh keluarga, sekolah, dan masyarakat,denagn tujuan meningkatkan pertumbuhan jasmani dan perkembangan rohani nya guna menjadi anggota masyarakat yang diharapkan dan berkualitas.


2. menurut sayaperan guru di dalam kelas adadlah :
a. Sebagai fasilitator, dimana guru atau pendidik hanya memfasilitasi apa sajayang dibutuhkan oleh para muridnya, dan pembelajaran secara aktif dilakukan oleh para siswanya.
b. Sebagai motivator, dimana seorang pendidik harus bisa memberi motivasi kepada para siswanya untuk terus maju dan tetap semangat menuntutilmu.
c. Sebagai pengembang kurikulum, dimana pendidik atau guru harus bisa menusun dan mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan para siswanya dan terasa menyenangkan.
d. Sebagai perencana,dinama materi - materi yang akan diajarkan harus bisa disusun sedemikian menarik bagi para siswa, s4hingga terasa menyenangkan.
e. Sebagai pelaksana, dimana seorang pendidik atau guru harus dapat melaksanskan tugasnya sebagai seoarng guru yang bisa menididik tidak hanya mengajar saja.
f. Sebagai evaluator,dimana seorang pendidik atau guru mengevaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh para siswanya, dan memberikan masukan dari apa yang telah dipelajari.


3. Menurut saya metode pembelajaran yang esuai di Indonesia adalah sistam pendidikan yang komprehensif dan multikultral. Serta menekankan keaktifan peserta didik dan menjadikannya sebagai subjek bukan objek, sehingga para siswa dapat berkembang secara maksimal dan menghasilkan uotput atau keluaran yang maksimal.

Posting Komentar