PENTINGNYA KURIKULUM MUATAN LOKAL YANG MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS

|
PENTINGNYA KURIKULUM MUATAN LOKAL
YANG MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS


Oleh: Edi Waluyo


Pertanyaan yang paling mendasar berkaitan dengan pengembangan kurikulum adalah apakah guru mampu mendesain, mengimpelementasikan dan mengevaluasi kurikulum muatan lokal yang mengembangkan life skills di tingkat satuan pendidikan.


Pengembangan kurikulum yang mempersiapkan peserta didik untuk mengembangkan potensi daerah belum berjalan secara baik di masing-masing tingkat satuan pendidikan, hal ini ditandai dengan belum memasyarakatnya kurikulum muatan lokal yang mengembangkan potensi masing-masing daerah dan masih banyaknya muatan lokal yang seragam antara sekolah yang satu dengan yang lain.
Dari hasil survay pendahuluan keterbatasan sekolah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal sesuai dengan potensi daerah dalam mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan-kemampuannya yang sesuai dengan lingkungannya, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
1. Kurangnya sumber daya manusia yang tersedia untuk mengembangkan kurikulum muatan lokal yang sesuai dengan potensi daerah.
2. Kurangnya pemahaman guru/sekolah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal.
3. Adanya kurikulum muatan lokal yang sudah ada sebelumnya, dirasakan oleh sekolah sudah cukup untuk memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik.
4. Terbentur masalah dana yang digunakan untuk pengembangan kurikulum muatan lokal.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

askum...
saya wawan, kalau menurut saya guru itu mampu untuk mengembangkan dan mendesain kurikulum untuk muatan lokal asal guru tersebut memiliki kompetensi.

untuk mengatasi kekurangan/ keterbatasan diatas dengan
1. untuk guru paling tidak ya, mengikuti semacam pengembangan kemampuan
2. untuk masalah pendanaan bisa dengan mengajukan kepada lembaga pemerintah semacam LSM

Posting Komentar