MEDIA PEMBELAJARAN

|

MEDIA PEMBELAJARAN


1. BERIKAN MASUKAN MATERI APA YANG PERLU DIMASUKAN DALAM MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
2. MATERI APA YANG SUDAH SAUDARA KUASAI DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

57 komentar:

Unknown mengatakan...

1)materi yang perlu dmasukan dalam media pembelajaran adalah materi yang memiliki kemampuan untuk mengenal,mengelompokan sumber belajar apa saja yang tepat untuk aspek perkembangan tertentu pada anak,serta bagaimana cara membuat dan menggunakan alat permainan edukatif yang sederhana,aman,tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya dan sesuai dengan tujuan serta fungsinya.
2)materi yang sudah saya kuasai dalam pengembangan media pembelajran AUD :saya sudah dapat memahami pengertian dari media pembelajaran itu sendiri,nilai dan manfaat serta klasifikasi media pembelajaran di AUD.

marcilia
1601409005

Unknown mengatakan...

1. Media pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk mempermudah penyampaian materi.Pada anak usia dini media pembelajaran sangat penting karena dalam penyampaian materi pada anak usia dini akan lebih cepat di tangkap dengan adanya media pembelajaran tersebut. Materi yang perlu di masukan dalam media pembelajaran anak usia dini adalah memberikan praktek pembuatan permainan edukatif anak usia dini,karena anak usia dini erat hubungannya dengan bermain maka media yang paling tepat untuk anak adalah melalui permainan. Sampai sekarang sudah sering di berikan pembelajaran mengenai permainan edukatif tapi hanya sebatas teori dan belum dapat di kembangkan sehingga kita memerlukan materi - materi praktek dan lebih lanjut mengenai permainan - permainan edukatif yang menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif bagi anak usia dini.

2. Materi pengembangan media pembelajaran anak usia dini sudah banyak yang dipelajari, hanya saja tidak banyak yang di kuasai oleh para mahasiswa materi pengembangan media anak usia dini yang sudah saya kuasai antara lain mengenai jenis - jenis media pembelajaran, manfaat media pembelajaran, klasifikasi penggunaan media pembelajaran,dan lain - lain.Dan menurut saya hal tersebut kurang dalam penguasaan media pembelajaran.


(rara)
1601409031

Unknown mengatakan...

1.Materi yang perlu dimasukkan dalam media pembelajaran anak usia dini adalah materi yang penyampaiannya menarik bagi anak yang tidak membuat anak cepat bosan. Tugas guru adalah membuat materi semenarik mungkin dengan bahan yang ada.
2.Materi yang sudah saya kuasai dalam pengembangan media pembelajaran anak usia dini adalah menglasifikasikan macam - macam media pembelajaran beserta contohnya.

Faila sufa
1601409021

Unknown mengatakan...

1. menurut saya mungkin materi tentang multimedia pembelajaran bagus untuk dimasukkan karena kls ini tdk diikuti semua mahasiwa hal ini juga bermanfaat untuk memberikan materi bagaimana suatu media pembelajaran bagi AUD bisa menarik minat anak untuk belajar..
2.materi kemarin yang telah diajarkan dan beberapa yang saya kuasai tentang: definisi MP, ciri2 MP, peranan dan fungsi MP, jenis dan karakteristik MP, definisi dan syarat APE.
Naili Rohmah
1601409038(A)

Unknown mengatakan...

ria dewi irawan/1601409008/A/riadewiirawan@gmail.com

1. Materi yang di perlukan dalam pembelajaran media anak usia dini misalnya memasukan materi tentang hitungan (matematika)kita bisa menggunakan vidio kartun kemudian di gambar kartun tersebut ada seorang guru atau tokoh yang menanyakan tentang hitungan atau angka - angka. kemudian materi tentang sains bisa kita menggunakan vidio pembuatan alat sains yang sederhana dan anak bisa mengikuti vidio tersebut , seperti langsung praktek. materi tentang biologi (ilmu alam) bisa juga dikenalkan untuk anak usia dini melalui gambar atau vidio yang lucu, misalnya proses fotosintesis (cara makan tumbuhan) tentunya kita menggunakan bahasa yang sederhana hindari bahasa ilmiah dari proses tersebut contohnya proses fotosintesis bisa kita ganti dengan cara makan tumbuhan, tujuan dari materi ini bisa mengenalkan anak bahwa tumbuhan juga benda hidup dan tumbuhan itu makan .

2.materi yang saya kuasai tentang pengembangan media pembelajaran anak usia dini adalah saya mengetahui pengertian dari media pembelajaran itu sendiri adalah perantara /alat yang digunakan seorang pembicara kepada pendengarnya dan disana terdapat suatu komunikasi. kemudian media itu sendiri di bagi menjadi - media visual (dapat dilihat) seperti gambar, grafik,foto dll. - media audio (suara) seperti radio. - media audiovisual (kombinasi dr keduanya) seperti tv. APE alat permainan edukatif maksutnya adalah alat permainan yang di rancang untuk pendidikan. alat ini berfungsi untuk mengembangkan semua aspek - aspek yang ada pada anak usia dini baik kognitif, motorik serta dapat mengembangkan kreatifitas anak.

Unknown mengatakan...

DIAH WIDIASTUTI/1601409009/ROMBEL 1.

1. Materi yg perlu dimasukkan dalam media pembelajaran usia dini.
menurut saya adalah materi yang mudah dimengerti anak dan menarik perhatian anak. media yang digunakan bisa kita buat sendiri atau membeli. Disini saya mengambil contoh media visual yakni gambar untuk media mendongeng. Dalam mendongeng, kita bisa menggunakan kertas manila/kardus bekas sebagai media objek yang akan diceritakan. kita membuat orang atau hewan yang akan diceritakan. jangan lupa jika ingin menarik perhatian anak kita beri warna gambar tersebut.

2. Materi yang dikuasai.
yang sudah saya pelajari adalah saya mengenal apa itu arti media, tujuan dari media itu sendiri, fungsi utama dari media, jenis-jenis media dan karakteristiknya. jenis-jeis media itu ada media visual (gambar,poster,buku,grafik,dll); media audio (tape recorder, tape); media audiovisual( tv,video,cd edukatif)

Unknown mengatakan...

ainun nafisah/1601409012/rombel 1/semester 2
email : aiinuunnafiisaah@gmail.com

1. menurut saya materi yang perlu dimasukkan dalam media pembelajaran anak usia dini adalah dengan menggunakan media bermain. sebaiknya anak diberi kebebasan untuk bermain sesuai dengan kepribadiannya agar anak dapat mengembangkan aspek psikis dan psikomotoriknya sehingga anak bisa mengalami proses pembelajaran secara mandiri dan bersikap toleran. hendaknya dalam memngembangkan media pembelajaran seharusnya anak tidak dikekang. media pembelajaran yang cocok untuk mengembangkan berbagai asfek pembelajaran anak adalah dengan menggunakan alat permainan edukatif. dengan menunjukkan secara langsung dengan obyek yang akan dipelajari.
2. materi yang sudah saya kuasai dalam pengembangan media pembelajaran anak usia dini adalah tentang pern dan fungsi media pembelajaran yaitu hendaknya media pembelajaran dapat mengkongkretkan konsep-konsep yang abstrak. memungkinkan anak untuk berinteraksi langsung dengan media pembelajaran tersebut.

Unknown mengatakan...

Hesti Hayuningtyas/1601409036/rombel 1/hestihayu@gmail.com

1. materi yang perlu dimasukkan dalam media pembelajaran AUD seperti pendekatan sentra dan lingkaran saat mengajarkan anak sering disebut "BCCT" atau "Beyond Centers And CIRCLES TIME" dalam pendekatan sentra ini kita dapat memakai media yang berupa alat permainan edukatif yang bervariasi sesuai dengan jenis sentra yang sedang diajarkan dan dalam pendekatan BCCT ini juga ada manfaat bagi anak tersebut contohnya seperti Main air dalam kegiatan ini anak disuruh memindahkan air kedalam botol dengan pompa kegiatan ini dapat melatih kekuatan otot anak dan saat menakar anak belajar matematika.
2.Materi yang sudah saya kuasai adalah pengertian media pembelajaran,jenis dan kharakteristik media,ciri2 media pembelajaran,kriteria pemilihan media,pengertian APE,Ciri2 APE,syarat APE.

Unknown mengatakan...

1.untuk mengembangkan media pembelajaran anak usia dini disini mahasiswa dituntut berperan aktif dalam mengembangkan dan menciptakan media yang efektif dan efisien untuk mengembangkan potensi anak.Dalam pembelajaran ini tidak hanya membahas teori-teori saja tapi perlu juga peraktek langsung untuk membuat dan memperaktekkan media itu sendiri. agar peljaran ini menjadi lebih efektif untuk menunjang pembelajaran mahasiswa.


2. tak banyak materi yang disampaikan dalam pelajaran media pembelajaran. karna dalam mata kuliah ini hanya membahas bagaimana cara membuat media pembelajaran yang efektif bagi anak. dalam mata kuliah ini kita dapat mengetahui bermacam-macam media pembelajaran. mengetahuijenis-jenis media pembelajaran.
mengetahui manfaat media pembelajaran. klasifikasi penggunaan media pembelajaran.
mengembangkan media pembelajaran edukatif.
mengetahui APE yang efektif dalam pengajaran anak.


nama: Dewi Maria Ulfa R.
nim : 1601409034
rmbl: 1
semester : 2

Unknown mengatakan...

Materi yang saya ketahui dalam media pembelajaran anak usia dini itu bersifat kongkrit. Misalnya: guru melakukan pembelajaran di luar kelas atau out bond. Guru mengajak muridnya pergi ke kebun binatang untuk melihat satwa-satwa secara langsung. Anak akan lebih tertarik dan senang karena bisa bermain sambil belajar. Di kebun binatang, anak mengetahui bentuk,tempat tinggal binatang,makanan binatang dan perilaku binatang,cont: monyet yang mempunyai banyak bulu,makannya pisang dan perilakunya suka bergelantungan di atas pohon. Tidak hanya itu,kita memberikan pengajaran moral anak agar baik pada binatang. Tidak boleh menyakiti binatang,memburu binatang langka. Binatang harus di lindungi karena ciptaan Allah.
Materi yang perlu dimasukan dalam media yaitu mendongeng. Mendongeng harus kita kuasai, karena anak usia dini senang di dongengkan. Dengan kita berdongeng, anak akan berimajinasi dalam cerita yang kita berikan. Mendongeng juga dapat memotivasi anak untuk membaca buku dan anak jadi gemar membaca. Mendongeng juga mengajarakn anak untuk membedakan sifat-sifat tokoh dalam cerita, contohnya: tokoh yang baik hati,tokoh yang pelit,tokoh yang jahat dll. Tidak hanya itu, secara tidak sengaja kita mengajarkan alur cerita pada anak.
Indah Puspita Sari, Rombel 1, 1601409002
27 April 2010 20:03

Unknown mengatakan...

1. materi yang perlu dimasukkan pada media pembelajaran anak usia dini yaitu media yang bisa menunjang berbagai aspek perkembangan pda anak usia dini.media bisa mendukung potensi dan kreativitas AUD yang bisa didapatkan dengan mudah dilingkungan sekitar anak serta sesuai dengan kemajuan iptek.
2.pada makul media pembelajaran AUD,sebagian materi sudah bisa diterima namun masih belum bisa diterapkan karena dalam makul ini baru teori2 yang diberikan.
nama: dwi ratna l.
nim: 1601409018
kelas:A

KB/TK Islam Pangeran Diponegoro Semarang mengatakan...

di dalam dunia anak usia dini, mereka hanya menghabiskan waktu mereka untuk bermain. Namun sebagai seorang guru, kita dituntut untuk ikut mencerdaskan anak usua dini. Oleh karena itu seorang guru membutuhkan media pembelajaran untuk di berikan kepada anak usia dini. media pembelajaran yang di gunakan adalah media yang ada di sekitar AUD seperti gambar-gambar,boneka, puzzle dan lain-lain yang dapat di gunakan sebagai media pembelajaran oleh anak usai dini. namun tidak sembarang media pembelajaran yang di gunakan, nmaun harus dapat melatih agama, moral, kognitif atau daya pikir anak, psikomotorik, serta afektif.
dari mata kuliah media pembelajaran, belum banyak materi yang saya peroleh seperti pengerian media pembelajaran dan cara memilih kriteria media pembelajaran.



Nama : Oky Riana Ningtyas
NIM : 1601409040
Kelas : A

Unknown mengatakan...

1. materi yang perlu dimasukkan dalam media pembelajaran anak usia dini yaitu materi- materi media pembelajaran yang berbasis konservasi dimana kekayaan alam sekarang sudah berkurang sehingga untuk mengembalikan sekolah alam seperti dulu yang semuanya serba natural terlalu sulit maka dari itu perlu adanya pembahasan media pembelajaran berbasis konservasi.


2. materi yang sudah saya kuasai yaitu dapat menjelaskan pengertian media pembelajaran, nilai manfaat, dan dapat mengklasifikasikan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini.


by: dwiana zahriatu nisa/ A/ 1601409014

aris cute mengatakan...

1.Materi yang perlu dimasukkan dalam media pembelajaran seperti penggunaan media sederhana yang bersifat edukatif dalam pembelajaran.
2.Materi yang sudah saya kuasai adalah pengertian media pembelajaran,fungsi media pembelajaran,jenis dan kharakteristik media,ciri2 media pembelajaran,kriteria pemilihan media,pengertian APE,Ciri2 APE,syarat APE.

Nama :aris arianti
nim :1601409033
rombel :A/1

Unknown mengatakan...

eva rizki kurniasih/1601409029/A
1. materi yang perlu diberikan dalam pembelajaran media pembelajaran anak usia dini adalah cara pembuatan game house yang dapat menunjang pembelajaran AUD, kareana anak masa kini lebih suka permainan yang berbasis IT. Dengan adanya game house yang menunjang pembelajaran maka anak tidak hanya bermain tetapi juga belajar di dalam permainan tersebut
2. Materi yang sudah dikuasai :
a. pengertian media pembelajaran
b. jenis-jenis media pembelajaran
c. kriteria pemilihan media pembelajaran
d. kelebihan dan kekurangan suatu media
d. alat permainan edukatif
e. ciri-ciri APE
f. syarat umum dan khusus dari APE

Unknown mengatakan...

1.Sejak lahir sampai usia 3 tahun, anak memiliki kepekaan sensoris dan daya pikir yang sudah mulai dapat “menyerap” pengalaman-pengalaman melalui sensorinya.Mencermati perlunya pembelajaran pada anak usia dini, tampaklah bahwa ada dua hal yang perlu diperhatikan pada pendidikan anak usia dini, yakni: 1) materi pendidikan, dan 2) metode pendidikan yang dipakai dalam pembelajaran. Secara singkat dapat dikatakan bahwa materi maupun metodologi pendidikan yang dipakai dalam rangka pendidikan anak usia dini harus benar-benar memperhatikan tingkat perkembangannya. pada masa golden age pembelajaran anak usia dini bersifat konkret.misalnya mendongeng atau bercerita sekaligus mengunakan alat peraga, seperti boneka atau wayang, kegiatan tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran, karena dapat membuat anak tertarik untuk memperhatikannya.

2.Dari beberapa materi yang sudah diajarkan, materi yang sudah saya kuasai dalam pengembangan media pembelajaran anak usia dini belum begitu banyak. Beberapa pengertian tentang media dan bagaimana penggunaan media tersebut sudah saya mengerti. Dari beberapa jenis media dapat digabungkan untuk memperoleh media pembelajaran yang mudah dipahami, seperti media gambar dan suara (audio visual) dan juga kita dapat membuat media pembelajaran dengan animasi yang bergerak, dengan begitu dapat membangkitkan ketertarikan anak untuk melihat dan memahaminya.

munika sarri akhsanti, 1601409030

Unknown mengatakan...

Seorang guru terlebih dahulu harus mengenal/memahami karakter siswanya dengan baik agar dalam proses belajar mengajar dapat memilih media yang baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Sebaiknya menggunakan metode bermain, karena anak bisa dengan bebas berekspresi dan mengembangkan bakat mereka. Dan dalam pembelajaran bisa diselingi dengan bahasa inggrin dalam rangka mengajarkan bahasa inggris sejak anak usia dini.

Saya merasa belum mengerti tentang metode pembelajaran anak usia dini, oleh karena itu saya masih perlu banyak belajar tentang metode pembelajaran anak usia dini.


Nama : Huda Fitriyani
NIM : 1601409007

Ning mengatakan...

1. Materi yang perlu dimasukkan dalam Media Pembelajaran AUD, menurut Saya yaitu dalam hal praktek. Maksudnya, jika kita memberikan materi pada Anak, kita tidak hanya memberikan teori saja namun harus dengan memberikan praktek secara langsung supaya pembelajaran yang kita lakukan bersifat konkrit. Misalnya dalam mengenalkan anak pada alat musik gitar, kita harus membawakan gitar secara langsung, tidak sekedar dari gambar gitar saja.
2. Materi yang sudah Saya kuasai dalam pengembangan Media Pembelajaran AUD ialah mengenai pengertian, tujuan, ciri – ciri, peranan fungsi, jenis dan karakteristik, kriteria dalam pemilihan, serta perencanaan dan pemilihan media pembelajaran.
Suroningsih
1601409004
PG PAUD, kelas A

Unknown mengatakan...

fadmun fiqda inayah/1601409011/rombel 1

1. materi yang perlu dimasukkan dalam media pembelajaran ialah materi-materi yang bersifat bermain sambil belajar, karena pada anak usia dini mereka akan lebih mudah mengingat segala yang diajarkan dengan cara sambil bermain,sehingga anak tidak merasa sedang dituntut untuk dapat memahami sesuatu akan tetapi anak diajarkan untuk menyukai hal tersebut.
2. materi yang telah saya kuasai dalam media pembelajaran adalah pengertian media pembelajaran,peranan dan fungsinya,dan jenis-jenis media,yang terbagi menjadi media visual,audio,dan juga audiovisual beserta contoh-contohnya

Unknown mengatakan...

1)Media pembelajaran merupakan perantara sumber pesan dengan penerima pesan yang berupa materi pembelajaran. Oleh karena itu media dalam pembelajaran sangat penting untuk mempermudah dalam penyampaian materi. Seorang mahasiswa PG-PAUD orientasi kedepannya menjadi pengajar di lembaga paud. Selama ini masih banyak TK yang terbatas akan media-media pembelajaran. Oleh karena itu diharapkan dalam pembelajaran mahasiswa diberikan materi pembuatan media sederhana sehingga bisa membuat media sederhana di TK yang masih terbatas akan media-media.

2) Sejauh ini materi yang sudah saya kuasai adalah pengertian media pembelajaran, nilai & manfaat media, klasifikasi media pembelajaran pada PAUd, APE, ciri-ciri media pembelajaran.

NUR AZIZAH
1601409035

Geetareeztgirl mengatakan...

Nama : Fajar Ayu Rizky Maulida
NIM : 1601409015
Rombel : 1

1. Menurut saya, materi yang perlu dimasukkan dalam mata kuliah media pembelajaran adalah materi2 yg berhubungan dgn media elektronik, karena tidak semua mahasiswa menguasai materi tersebut. selain itu, materi2 media pembelajaran yg menggunakan bahan2 sederhana, ekonomis, & mudah didapat.

2. Yg saya dapat dari mata kuliah media pembelajaran selama ini baru teori seputar media pembelajaran,seperti pengertian, jenis, karakteristik, fungsi, kriteria pemilihan media, dan beberapa tentang alat permainan edukatif (APE). juga pengaplikasiannya pada expo beberapa waktu lalu, seperti membuat alat2 permainan musik sederhana.

Unknown mengatakan...

1. Anak merupakan golden age.sehingga sangatlah penting untuk mrangsang pertumbuhan anak.oleh karena itu menurut saya yang perlu dimasukkan dalam pembelajaran AUD adalah materi-materi yang bisa meningkatkan kreativitas dan potensi anak.Seperti dengan permainan2 yang dapat memencing perkembangan kognitif ataupun motorik dalam pembelajaran AUD.
2. Saya belum banyak menguasai materi tentang meia pembelajaran,namun saya sudah memahami tentang pengertian,fungsi,jenis, dan ciri-ciri media pembelajran.

miftahul jannah
1601409023
KELAS A

Jayanti Mughniati mengatakan...

1. Materi pembelajaran media yang perlu dimasukkan dalam pembelajaran AUD, mengenai pembelajaran berbasis alam. Dimana sesuai dengan slogan Universitas Konservasi, semuanya kembali ke alam. Serta untuk mendapatkan media yang praktis dan ekonomis. Tetapi juga tetap diperkenalkan media eletronik agar sebagai anak dan mahasiswa tidak gaptek (gagap internet).
2. Yang saya dapatkan, mengenai pengertian, fungsi, jenis dan karakteristik, dan APE (Alat Permainan Edukatif)

Jayanti Mughniati
1601409016/A

Unknown mengatakan...

Niken Sulistyorini
1601409020
Menurut saya Materi media pembelajaran yang harus dimasukkan dalam pembelajaran AUD adalah mengenai bagaimana cara-cara bermain anak yang dapat meningkatkan kreativitas anak.Serta sebaiknya pembelajaran tidak hanya dilakukan didalam kelas tetapi juga diluar kelas.

Yang sudah saya dapat dari mata kuliah media pembelajaran adalah pengertian serta fungsi-fungsi dari media pembelajaran.

nana mar'atus sholihah mengatakan...

1. materi media pembelajaran yang perlu dimasukkan dalam AUD, dalam pembelajaran di AUD sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang tidak membuat bosan anak dalam belajar, anak bisa merasakan nyaman dan asyik dalam proses belajar tersebut, dalam pembelajaran sebaiknya disertai dengan permainan.
2. saya belum begitu banyak memahami materi media, tetapi saya sudah sedikit paham tentang fungsi media pembelajaran.

nama : Ratna Dewi N
NIM : 1601409019
kelas : A

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
gita pratiwi mengatakan...

Gita Pratiwi/ 1601409001/ rombel 2


1. menurut saya materi yang perlu di masukkan yaitu tentang bagaimana membuat media yang dapat meningkatkan kreativitas dan potensi anak. IT juga perlu karena jaman sekarang banyak anak bermain dengan permainan di komputer.

2. Sebenarnya saya belum menguasai materi tapi saya sudah paham tentang pengertian media pembelajaran, jenis dan karateristik, fungsi, dan APE.

Unknown mengatakan...

wiwik tri wijayanti
1601409051
B

1. Materi media pembelajaran yang perlu dimasukkan dalam AUD, pembelajaran sains untuk AUD tentang diri sendiri, alam sekitar, dan gejala alam. Membantu pemahaman anak tentang konsep sains dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Membantu menumbuhkan minat pada AUD untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian di lingkungan sekitarnya. Agar AUD dapat mengenal dan memupuk rasa cinta kepada alam sekitar sehingga menyadari keagungan Tuhan.

2. yang saya dapatkan adalah saya dapat mengerti dan memahami tentang media pembelajaran. juga saya dapat mengembangkannya lagi.

Unknown mengatakan...

1. Menurut pendapat saya dari materi yang sudah ada, lebih banyak di sampaikan dengan menggunakan media yang konkret dengan kita secara langsung menggunaka media-medianya. perbandingan antara praktek dan teori menurut saya 65% untuk praktek dan 35% untuk teori, karena jika kita langsung menggunakan media kita dapat lebih mudah memahami dan lebih mudah untuk mengingat materi-materi yang di berikan.

2. Dari semua materi yang sudah di berikan dalam mata kuliah media pembelajaran, mulai dari pengertian,fungsi, jenis, karakteristik, saya masih kurang menguasai.Mungkin akan mudah di ingat atau di kuasai apabila materi di berikan langsung dengan menggunakan media media yang mendukung.


wantoro
1601409006

jefriyanuarta mengatakan...

jefry 3 yanuarta/ 1601409027/ rombel 2

1.materi media pembelajaran yang perlu dimasukkan dalam AUD yi media yang dapat menunjang kreativitas anak dan tidak membosankan.
khususnya IT harus slalu di terapkan karena jaman sekarang banyak anak bermain dengan permainan yang ada di komputer.
sebisanya kita juga harus menciptakan atau menbuat permainan yang menyenangkan buat anak lewat komputer

2.seperti halnya dengan temen-temen, belum menguasai materi tapi saya sudah paham tentang pengertian media pembelajaran, jenis dan karateristik, fungsi, dan APE.

zOne_to AndUnt dCiniey mengatakan...

1.menurut saya materi yang perlu dimasukkan yaitu tentang seni baik itu seni musik atau seni kreatifitas anak.Agar AUD tidak hanya mengenal tentang berbagai permainan AUD aja musik juga perlu dimasukkan karena dapat mengasah bakat anak dalam bidang seni.

2.Secara keseluruhan materi media pembelajaran saya belum begitu menguasai. Sedikit masukan dari saya agar lebih mudah memahami perlu diadakan praktek langsung agar lebih menguasai.


Nama : Putri Anggun
NIM : 1601409039

pram.pampam mengatakan...

1. Materi yang perlu dimasukkan dalam media pembelajaran AUD adalah materi yang berbasis pada IT.Tidak hanya memberikan teori-teori,namun diadakan juga pelaksanaan dari teori tersebut(praktek).Jadi,kita mempunyai keterampilan dalam bidang IT.
Sebagai contoh pembelajaran di kelas,guru dalam menyampaikan tema dengan menampilkan slide show yang menayangkan gambar atau tulisan yang akan nampak pada layar.
Materi yang diberikan dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan pada anak usia dini.
2. Selama perkuliahan ini saya menguasai teori media pembelajaran(pengertian,fungsi,macam-macam media pembelajaran,karakteristik dari jenis media pembelajaran,dan tentang alat permainan edukatif).

Nama :Pramitha Adityasari
NIM :1601409047

dunia ku untuk anak mengatakan...

1. menurut saya materi yang perlu dimasukan dalam media pembelajaran bagi mahasiswa adalah materi yang sesuai kurikulum, modern, dan pengembangan berdasarkan pengalaman pendidik didunia pengajaran AUD yang nyata. Dalam penerapan materi media pembelajaran untuk anak-anak adalah sesuatu yang sederhana, aman, dan menarik bagi AUD, tapi itu saja tidak cukup karena yang terpenting adalah bagaimana kita menyampaikan media tersebut kepada anak hingga mereka mampu menangkap apa yang kita sampaikan dengan benar. Jadi semua benda disekitar kita bisa menjadi bahan ajar untuk AUD, dan pendidik harus meguasai ruang kosong dalam pikiran anak sehingga dapat memilihkan mana media yang tepat untuk mereka.
2. materi yang saya kuasai masih belum banyak, hanya sebatas pembahasan yang diberikan oleh bu Lita, yaitu tentang tentang jenis media, manfaat, karakteristik. saya sadar semestinya saya mencari materi sendiri diluar pengajaran beliau tapi saya belum mampu.


sri wahyuni
1601409046
02

akang lope eneng mengatakan...

Nama : Devi Mastuti
NIM : 1601409043

1. materi yang terdapat dalam media pembeljaran menurut saya sudah memenuhi/ mencangkup keseluruhan. akan tetapi bagaimana kalau lebih menekankan pengembangan dari materi tersebut, khan pada akhirnya kita lebih dituntut untuk pengaplikasian media untk anak usia dini. sehingga akan lbih baik jika pengmbangan dari materi media tersebut yang ditekankan dan diarahkan.
2. sampai saat ini saya hanya mengtahui materi dasar media pembelajaran, seperti tujuan, jenis dan manfaat media pembelajaran. dan sampai sat iniyang sudah saya kuasai adalah mdia visual khududnya benda mati

ichimasi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ichimasi mengatakan...

Setiarif puspitaningrum
1601409010/B

1. materi yang perlu dimasukan dalam media pembelajaran anak usia dini adalah materi-materi media pembelajaran yang menekankan pada pengembangan 9 aspek kecerdasan anak,dan yang dapat di buat dari bahan sederhana tetapi mampu mengembangkan setiap aspek kecerdasan dan kemampuan anak secara optimal.
2. materi media pembelajaran yang saya rasa sudah kuasai adalah macam-macam media,fungsi dan tujuan media pembelajaran anak.tetapi baru menguasai media visual(benda mati)seperti buku bergambar,poster dll.

Unknown mengatakan...

firi Rahmawatiningsih / 1601409058 / rombel2
1. materi media yang perludi tambahkan yaitu penguasaan atas media dan materi tersebut, tidak sebagian banyak mahasiswa yang belum menguasai dan memehami fungsi dan pembelajarannya.
materi bercerita mungkin dapat membatu anak dalam belajar.
2. Yang sudah saya kuasai yaitu baru pemahaman kecil dari media, mgkn saya bisa penerapannya namun perlu pembelajaran lagi

Unknown mengatakan...

1. menurut saya media-media yang konkret dalam pembelajaran anak usia dini dapat secara langsung maupun tidak langsung mengajarkan kepada anak tentang benda-benda mauoun kejadian-kejadian yang ada di sekitarnya.

2. sejauh ini saya telah mengetahui pengertian media pembelajaran, manfaat media pembelajaran, ciri-ciri media pembelajaran, dan jenis-jenis media pembelajaran.

anisa / 1601409041
rombel 2

Puput Adiep mengatakan...

1. Media pembelajaran itu penting karena dapat merangsang kreatifitas anak. Dengan adanya media pembelajaran, menjadikan pembelajaran pada anak usia dini menjadi lebih menarik dan dapat menjadi lebih pintar dan kreatif. Media pembelajaran itu sangat penting dikuasai oleh kita sebagai calon pendidik anak usia dini, karena dapat membekali kita saat mendidik anak didik kita agar menjadi generasi bangsa yang berkualitas tentunya.
2. Materi media pembelajaran yang baru saya ketahui antara lain pengertian media pembelajaran, Nilai dan manfaat media pembelajaran,klasifikasi penggunaan media pembelajaran, hakikat sumber belajar, dan APE (alat permainan edukatif)
Nama: Puput Intan Paripurno
NIM: 1601409042
Kelas: B

pram.pampam mengatakan...

1.selain teori dalam pembelajaran media,perlu kegiatan mengajak mahasiswa menciptakan media pembelajaran sederhana.
2.saya mengetahui pentingnya media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar beserta beberapa macamnya,terlabih media pembelajaran dalam bentuk visual yang mengandung pesan serta dikemas menarik untuk meningkatkan munat audien/peserta didik.
Endah Tri Kurniawati
1601409003/A

griyokulo mengatakan...

laila husnita/ 1601409028

1. materi media pembelajaran sudah sangat cukup sesuai.akan tetapi akan lebih baik jika ditunjang dengan bagaimana kita mengaplikasikan media itu untuk anak usia dini, agar sembilan aspek kecerdasan anak dapat berkembang dengan baik melalui media pembelajran.
2. sampai saat ini yang sayaketahui mengenai mata kuliah media pembelajran yaitu tentang dasar-dasar materi media yaitu mengenai manfaat, jenis-jenis dan tujuan dari media pembelajaran. lebih tepatnya saya sudah menguasai jenis media pembeljaran yaitu visual.

Unknown mengatakan...

rochmah tri
1601409052

1.menurut saya materi yang ada sekarang ini sudah sesuai namun,dalam pengembangan materinya saya rasa masih kurang yang saya maksud ketika dalam membahas materi tidak diikuti dengan kegiatan praktek langsung,sehingga ketikadalam mengerjakan tugas yang diberikan dosen ada tugas yang kurang sempurna pnyelesaian.
2.dalam penguasaan materi saya merasa belum sepenuhnya menguasai tapi sejauh ini saya mengetahui apa yang dimaksud dengan media pembelajaran,apa jenis-jenis media pembelajaran.

Unknown mengatakan...

dewi arifiani
1601409045
B

1.materi yang perlu ditambahkan :
a. etika menggunakan teknologi berbasis It pada UAD gara anak tidak menyalahgunakan IT.
b.cara penataan sentra bermain dalam PAUD
c.optimalisasi alat dan media yang ada dalam pembelajaran
d.relevansi antara alat dan penggunaan dalam setiap tema
e.program asah kreatifitas dsb

2.materi yang dikuasai: jenis-jenis media,macam-macam sentra bermain dalm paud,tujuan pembautan media pembelajaran.

lilis mengatakan...

1. menurut saya, dalam materi media pembelajaran tidak hanya diperlukan teori saja,seharusnya mahasiswa juga diberikan cara ataupun tekhnik untuk menerapkan bentuk dari media pembelajaran aud ini. kita pun sebagai mahasiswa yang mempelajari materi ini juga seharusnya dibimbing untuk dapat menciptakan hasil/APE yang diminati anak.
2. materi yang saya ketahui tidak lah banyak dalam media pembelajaran ini antara lain pengertian dari media pembelajaran itu sendiri, jenis dan ciri media pembelajaran, manfaat dan tujuannya, serta APE maupun permainan edukatif.

Lilis Masithoh
1601409054
rombel B

Unknown mengatakan...

1. Pembelajaran IT berbasais konservasi moral. Melihat fenomena yang ada sekarang, banyak wahana edukasi elektronik,seperti internet, seringkali disalahgunakan. Dan yang paling marak adalah plagiatisasi. Oleh karena itu,sangat diperlukan pemahaman etika dalam pemanfaatan media sedari dini.
2. Masih sebatas pada penciptaan alat peraga manual sederhana.

Nur Khasanah
1601409055

Unknown mengatakan...

1. materi media pembelajaran sudah jelas namun perlu adanya pengetahuan tentang media yang lain yaitu mengenai pemilihan-pemilihan bahan yang aman untuk membuat media jika guru ingin membuat dari bahan-bahan yang bekas misal bungkus-bungkus buatan pabrik yang terkadang juga mengandung bahan kimia yang berbahaya jika digunakan oleh anak...
2. materi yang sudah saya terima dan dikuasai mengenai pengertian,jenis,ciri-ciri dan model-model media pembelajaran...trima kasih

muslimah
1601409022
rombel A

Unknown mengatakan...

Nama : Deasy Hanura estuti
NIM : 1601409037
Kelas : B

1.seharusnya selain mendapatkan teori mengenai media pembelajaran mahasiswa juga diajari membuat media pembelajaran sendiri baik yang sederhana maupun yang TI. dan cara menyampaikan kepada murit agar menarik.juga cara memilih media pembelajaran yang pas dan efektif untuk anak.
2. materi yang sudah saya kuasai dalam pengembangan media pembelajaran adalah saya mengetahui macam-macam media pembelajaran,jenis-jenisnya,karakteristik tiap media, dan fungsi-fungsi tiap media.APE dan hakikat sumber belajar.

Unknown mengatakan...

1. menurut saya, materi media pembelajaran yang perlu ditambahkan untuk pengembangan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini adalah adanya praktek nyata dari teori yang telah diberikan, bukan cuma teori-teori saja, akan tetapi harus ada penerapan dan pengaplikasiannya secara langsung. selain itu, perlu adanya penjelasan yang lebih terperinci dan tidak berbelit-belit dalam penyampaian materi media pembelajaran tersebut. adanya fasilitas yang mendukung juga dapat memantapkan kemampuan mahasiswa dalam mempelajari meteri media pembelajaran.diharapkan pula adanya pemberian pengalaman untuk terjun langsung ke TK-TK untuk mengaplikasikan materi media pembelajaran yang telah diberikan.
2. materi yang telah saya kuasai adalah materi satu buku yang berisi teori-teori saja, namun belum ada prakteknya. saya harap praktek dari teori tersebut dapat segera dilaksanakan.

sekian komentar dari saya.
maaf apabila ada kata-kata saya yang kurang berkenan.
terimakasih.

OKTAVIKA DWI SAPUTRI
1601409053

wulaandwuu mengatakan...

1. Materi yang sebaiknya ditambahkan dalam media pembelajaran AUD adalah pemanfaatan TI untuk pembuatan media yang menarik dan mampu memberikan pengaruh terhadap kecerdasan, kreatifitas, dan potensi anak. Hal lain yang perlu ditambahkan adalah pengaplikasian dari berbagai materi2 yang masih berupa teori untuk kemudian dapat diwujudkan dalam bentuk praktek.Hal ini penting karena pada akhirnya pun yang dibutuhkan adalah skill untuk penerapan di dunia nyata dan tidak hanya sekedar kata-kata(teori).
2. Saya sudah cukup mengetahui teori tentang media pembelajaran. seperti macam,jenis,karakteristik, dan fungsi dari media,APE. Namun belum dalam prakteknya, diharapkan dapat segera dilaksanakan.

Catur Wulandari
1601409044/rombel 2

Arinta Cinta Islam mengatakan...

assalamu'alaykum.
1. menurut saya materi media pembelajaran yang bersifat langsung dalam arti pembelajarannya langsung pada anak-anak,karena ketika kita terjun langsung ke lapangan, kita akan merasa grogi ataupun gugup.. jadi tidak hanya teori-teori saja yang diajarkan.
2. materi yang sudah saya ketahui yaitu seputar media pembelajaran: pengertian, nilai dan manfaat, klasifikasi. APE serta hakekat sumber belajar


arinta
1601409057
rombel 2

rerain mengatakan...

1)Menurut saya materi yang perlu dimasukan dalam media pembelajaran adalah bagai mana kita bisa membuat media yang dapat mengembangkan kreativutas dan kognitif anak, entah itu berupa penggunaan kembali barang bekas,media manual ataupun IT. Selaun teori yang diajarkan praktik juga sangat penting.
2)Materi yang sudah saya ketahui yaitu meliputi pengertian,nilai dan manfaat,klasifikasi media pembelajaran, APE,sumber hakekat belajar.Tetapi pada materi itu belum sepenuhnya saya kuasai.

Ririn masynu'atul KH
1601409050
Rmbl.2

Anonim mengatakan...

sugiana / 1601409017 / rombel 2
1. media yang perlu ditambah adalah media pengembangan pengetahuaan,sebagian besar teman2 belum terlalu menguasai,media pembelajaran bercerita belum tentu semua mampu melakukan dan menguasai,.
2. saya sudah menguasai materi pengertian media pembelajaran, jenis dan karakteristik,dan sama halnya dengan teman2 semua,.

Puri mengatakan...

1. Menurut saya materi pembelajaran yang perlu ditambahkan dalam media pembelajaran yaitu pengaplikasian dalam praktek pembelajaran secara langsung.
2. Materi yang sudah saya pelajari tentang pengertian media pembelajaran, manfaat, karakteristik, macam dan jenis APE.

Puri Puspita
1601409032
Rombel 2

nur chayati mengatakan...

nama : nurchayati
nim : 1601409025

1. materinya sudah cukup tapi perlu pengembangan dari materi tersebut,
2. saya sudah menguasai mengenai media pembelajaran yaitu jenis media lebih tepatnya media visual.

Unknown mengatakan...

1. menurut saya seharusnta media pembelajaran lebih banyak prakteknya ketimbang teorinya,bagaimana membuat media pembelajaran yang menarik,terutama pembuatan media pembelajaran dengan IT.
2. yang saya ketahui dari media pembelajaran adalah pengertiannya,klasifikasinya,manfaat,kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis media.

Aznani Nur Fauziyah
1601409024
Rombel 2

kholifatul wakhidah mengatakan...

nama: Kholifatul Wakhidah
NIM: 1601409048

1. menurut saya media pembelajaran itu seharusnya lebih berisikan praktek2 dan materinya harus sesuai dengan perkembangan anak. dimana media ini juga harus bisa mengembangkan semua aspek perkembangan yang dimiliki anak.
2. saya belum terlalu menguasai penuh materi tentang media pembelajaran tetapi saya sudah cukup menguasai tentang pengertian, klasifikasi, jenis2, kekurangan dan kelebihan dari media pembelajaran itu sendiri.

dewi mengatakan...

nama: boing siti H.D
NIM: 1601409056

1.menurut saya,media yang diperlukan adalah media yang dapat melatih dan dapat mengembangakn kreatifitas anak.
2.saya telah mengetahui tentang pengertian media pembelajaran, klasifikasi,manfaat,dan kekurangan media penbelajaran.

Posting Komentar