Seminar PAUD

|
1.Jelaskan perbedaan seminar, workshop, dan training?
2.Sebutkan tema-tema seminar yang aktual tentang PAUD, minimal 5 tema.
3.Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen dalam naskah seminar.

28 komentar:

diya nunhe cakeb mengatakan...

Nur Widiya N / 1601408018
1. SEMINAR : waktu yang digunakan cukup singkat,bias melanjutkan membaca materi dirumah, pola seminar cenderung one way communications.
WORKSHOP : bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat,outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.
TRAINING : berkaitan dengan sertifikasi, sangat penting untuk usaha yang sagat mengutamakan kepercayaan.
2. Tema-tema Seminar PAUD :
 Konservasi Lingkungan
 Penanaman jiwa anti korupsi
 Karakter building
 Media pembelajaran untuk bahasa Jawa
 Pengembangan sifat jujur melalui permainan tradisonal
 Parenting

3. Komponen naskah seminar :
- Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
- Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
- Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
- Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
- Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
- Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
- Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
- Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

Desi ayuningtyas mengatakan...

1.SEMINAR : waktu yang digunakan cukup singkat,bias melanjutkan membaca materi dirumah, pola seminar cenderung one way communications.
WORKSHOP : bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat,outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.
TRAINING : berkaitan dengan sertifikasi, sangat penting untuk usaha yang sagat mengutamakan kepercayaan.
2.Tema-tema Seminar PAUD :
Pendidikan Kewirausahaan
Pendidikan Karakter
Kekerasan Pada Anak
Kesehatan dan gizi Anak
Media Pembelajaran Flash dan cd interaktif
Pendidikan inklusi
Pengasuhan Anak

3.Komponen naskah seminar :
-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
-Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
-Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
-Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

Eva Afiani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Eva Afiani mengatakan...

EVA AGUS FIANI / 1601408020

1.Seminar merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti "tanah tempat menanam benih".

Workshop adalah pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi.

Training adalah:
•Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan
•Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door
•Obyeknya seseorang atau sekelompok orang
•Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya
•Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan
•Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja

2.Tema-tema seminar tentang PAUD
a.Pendidikan Kewirausahan
b.Karakter Building
c.Pembelajaran Dikelas
d.Kesehatan dan Gizi pada Anak
e.Parenting Pemberdayaan Masyarakat

3.Komponen naskah seminar :
Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

siti mutmainah mengatakan...

1. PERBEDAAN SEMINAR, WORKSHOP, DAN TRAINING
a. Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti "tanah tempat menanam benih". Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.
b. Workshop suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.
c. Training Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan
• Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door
• Obyeknya seseorang atau sekelompok orang
• Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya
• Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan
• Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja
2. TEMA-TEMA SEMINAR TENTANG PAUD:
• Konservasi lingkungan
• Parenting dan pemberdayaan masyarakat
• Pembelajaran di kelas
• Kewirausahaan
• Karakter building
3. KOMPONEN NASKAH SEMINAR
• Judul: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris
• Nama Lengkap penulis, Nama penulis untuk korespondensi dilengkapi nomor telepon, fax, handphone, dan alamat e-mail
• Nama Lembaga/institusi, disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos.
• Abstrak: dibuat dalam bahasa Inggris dan Indonesia, masing-masing tidak lebih dari 250 kata
• Kata kunci (keywords): ditulis dalam bahasa Inggris terdiri atas tiga sampai lima kata di dalam parentesis diletakkan di bawah abstract.
• Pendahuluan: berisi latar belakang dan tujuan penelitian.
• Bahan dan Metode (untuk penelitian yang bersifat eksperimen): berisi informasi teknis yang cukup sehingga orang lain dapat berhasil mengulangi percobaan dengan teknik yang dikemukakan; atau Metode (untuk penelitian sosial-ekonomi): berisi informasi cara pengambilan sampel dan pengumpulan data serta analisis data sehingga dapat dinilai keabsahan dan keandalan metode yang digunakan.
• Hasil dan Pembahasan: berisi hasil-hasil penelitian baik yang disajikan dalam bentuk teks, tabel maupun gambar. Pembahasan berisi interpretasi hasil penelitian yang diperoleh dan dikaitkan dengan hasil-hasil yang pernah dilaporkan (penelitian sebelumnya).
• Kesimpulan: memuat makna hasil penelitian, jawaban atas hipotesis atau tujuan penelitian
• Ucapan Terimakasih (bila diperlukan): dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana penelitian yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi atau orang yang membantu pelaksanaan penelitian dan atau penulisan artikel.
• Daftar Pustaka sesuai dengan yang diacu dalam tubuh tulisan.
• Gambar dan Tabel, beserta keterangannya

Dwi Puspita Sari mengatakan...

1. PERBEDAAN SEMINAR, WORKSHOP, DAN TRAINING
A. Seminar merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya. Seminar tentang pemasaran suatu produk, tentu dihadiri oleh para pakar bidang pemasaran. Seminar pendidikan tentu saja dihadiri oleh para ahli pendidikan. Sementara itu, peserta berperan untuk menyampaikan pertanyaan, ulasan, dan pembahasan sehingga menghasilkan pemahaman tentang suatu masalah.
Tidak berarti bahwa kelas tidak bisa menyelenggarakan seminar. Di kelas bisa pula diselenggarakan seminar. Yang penting bahwa kita mencoba membahas suatu masalah dengan argumen-argumen yang logis, tidak emosional. Para pembicaranya pun menggunakan gagasan, pendapat, tanggapan, pembahasan secara ilmiah pula. Lalu ada seotang pemrasaan yang menyajikan makalah.
B. workshop : Pelatihan kerja , yang meliputi teori dan praktek.
Secara umum Workshop adalah tempat kerja
Bisa jg disebut Bengkel,
intinya worshop adalah tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan maintenance and repair yg didukung dgn alat2 kerja. Arti dari segi tehnik.
Bisa jg wadah atw tempat penampungan memodifikasi data2 dan alat2.
C. training :
* Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan
* Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door
* Obyeknya seseorang atau sekelompok orang
* Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya
* Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan
* Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja

2. - gaji naik = mutu naik
- pemanfaatan kaleng bekas untuk media lukis anak
- pendidikan berkarakter anak usia dini
- manipulasi anak usia dini untuk mengatasi rasa cemas
- manfaat menanamkan moral pada anak usia dini

3. Komponen naskah seminar :
Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

deph mengatakan...

DEVI ANAPRATIWI/ 1601408019
1. Perbedaan Seminar, Workshop, dan Training
 Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat.
 Workshop suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.
 Training mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan, diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door, objeknya seseorang atau sekelompok orang, sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya, prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan, hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja
2. Tema seminar tentang PAUD :
 Pendidikan Kewirausahan
 Character Building
 Pembelajaran Dikelas
 Parenting
 Pemberdayaan Masyarakat
3. Komponen naskah seminar :
 Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
 Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
 Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
 Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
 Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
 Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
 Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
 Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

Meirina Gunariyah mengatakan...

1. Jelaskan perbedaan seminar, workshop, dan training?
Seminar Adalah suatu pertemuan ilmiah untuk membahas masalah tertentu atas mata kuliah keahlian yang dipilih oleh seorang mahasiswa dan diberi tanggapan oleh Dosen Penilai Seminar dengan melalui diskusi guna tercapainya suatu kesepakatan untuk dijadikan kesimpulan. Masalah yang dibahas dapat berupa studi kasus atau studi kepustakaan.
Workshop adalah pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi.Dimaknai dari kata dasarnya Workshop sendiri adalah tempat kerja bisa juga disebut Bengkel, dimana intinya workshop adalah tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan teknis dengan didukung alat-alat kerja.
Pelatihan atau training sebagai suatu kegiatan yang bermaksud untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap, tingkah laku ketrampilan, dan pengetahuan dari karyawannya sesuai dengan keinginan perusahaan. Dengan demikian, pelatihan yang dimaksudkan adalah pelatihan dalam pengertian yang luas, tidak terbatas hanya untuk mengembangkan ketrampilan semata-mata.
2.Sebutkan tema-tema seminar yang aktual tentang PAUD, minimal 5 tema.
1)Parenting dan Pemberdayaan Masyarakat
2)Pengembangan berbagai kecerdasan Anak
3)Pembelajaran dalam kelas
4)Pendidikan Inklusi
5)Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini.
6)Pola Pengasuhan Anak
7)Pembentukan Karakter Anak
3. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen dalam naskah seminar.
Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
- Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
- Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
- Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
- Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
- Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
- Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
- Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

firsty'blogs mengatakan...

Firsty Septina Azizah 1601408003
1. Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.
Training adalah:
 Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan
 Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door
 Obyeknya seseorang atau sekelompok orang
 Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya
 Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan
 Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja
Workshop adalah pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi.
2. Tema-tema seminar PAUD
• konservasi lingkungan
• pembangunan karakter
• parenting dan pemberdayaan masyarakat
• kewirausahaan
• pembelajaran di kelas
3. komponen-komponen dalam naskah seminar
-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
-Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
-Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
-Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada

iyos yosiana ambar nilasari mengatakan...

ROSIANA AMBAR NILASARI/1601408007
1. Seminar merupakan pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah.

Workshop adalah pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi.

Training adalah:
• Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan
• Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door
• Obyeknya seseorang atau sekelompok orang
• Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya
• Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan
• Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja

2. Tema-tema seminar tentang PAUD
a. Konservasi Lingkungan
b. Karakter Building
c. Pembelajaran di kelas
d. Art Activiti
e. Parenting dan Pemberdayaan Masyarakat

3. Komponen naskah seminar :
- Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi.
-Identitaspenulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
- Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
- Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
- Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
- Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
- Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
- Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

firsty'blogs mengatakan...

Firsty Septina Azizah 1601408003
1. Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.
Training adalah:
 Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan
 Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door
 Obyeknya seseorang atau sekelompok orang
 Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya
 Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan
 Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja
Workshop adalah pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi.
2. Tema-tema seminar PAUD
• konservasi lingkungan
• pembangunan karakter
• parenting dan pemberdayaan masyarakat
• kewirausahaan
• pembelajaran di kelas
3. komponen-komponen dalam naskah seminar
-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
-Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
-Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
-Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada

Widi widiyawati mengatakan...

Widi widiyawati Purnamasari/1601408008
1. Pebedaan Seminar, Workshop, dan Training
• Seminar merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya. Seminar tentang pemasaran suatu produk, tentu dihadiri oleh para pakar bidang pemasaran. Seminar pendidikan tentu saja dihadiri oleh para ahli pendidikan. Sementara itu, peserta berperan untuk menyampaikan pertanyaan, ulasan, dan pembahasan sehingga menghasilkan pemahaman tentang suatu masalah.
Tidak berarti bahwa kelas tidak bisa menyelenggarakan seminar. Di kelas bisa pula diselenggarakan seminar. Yang penting bahwa kita mencoba membahas suatu masalah dengan argumen-argumen yang logis, tidak emosional. Para pembicaranya pun menggunakan gagasan, pendapat, tanggapan, pembahasan secara ilmiah pula. Lalu ada seorang pemrasaan yang menyajikan makalah.
• Workshop meliputi suatu latihan kerja yang didalamnya terdapat teori dan praktek dalam suatu kegiatan yang integrasi.
• Training merupakan untuk Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan, Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door, Obyeknya seseorang atau sekelompok orang, Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya, Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan, Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja.
2. Tema-tema seminar tentang PAUD antara lain
a. Lingkungan konservasi
b. Art activiti
c. Parenting dan pemberdayaan masyarakat
d. Karakter Building
e. Kewirausahaan
f. Pembelajaran dikelas
3. Komponen-komponen dalam naskah seminar
• Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi.
Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.
• Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.
• Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.
• Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data.
• Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
• Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah.
• Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

umri mufidah mengatakan...

1.Perbedaan seminar, workshop, dan training
•Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional.
•Lokakarya (Inggris: academic workshop) adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.
•Training adalah mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door, obyeknya seseorang atau sekelompok orang, sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya dan prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan serta hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja
2.Tema seminar yang aktual tentang PAUD
•Observasi lingkungan
•Karakter Building
•Kewirausahaan
•Pembelajaran dikelas
•Art activities
•Parenting dan pemberdayaan masyarakat
3.Komponen naskah seminar :
-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
-Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
-Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
-Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

ernita lusiana mengatakan...

1. SEMINAR merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah.
WORKSHOP : Bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat, outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.
TRAINING (pelatihan) adalah tindakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan sumber daya dalam suatu organisasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu (flippo, 1961). Training adalah proses membantu sumber daya yang terdapat dalam suatu organisasi untuk memperoleh efektifitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan datan melelui pengembangan skill, knowledge dan attitude (Sherwood dan Best, 1958)
2. Tema-tema Seminar PAUD :
• Pendidikan anti korupsi melalui permainan tradisional untuk anak usia dini
• Konservasi lingkungan
• Dampak poligami terhadap perkembangan anak
• Parenting dan pemberdayaan masyarakat
• Karakter building
• Kewirausahaan
• Pembelajaran di kelas
• Art activity
3. Komponen naskah seminar :
• Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi.
• Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.
• Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.
• Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.
• Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data.
• Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
• Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah.
• Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

Titis Setiani mengatakan...

1. a)Dalam SEMINAR, waktu yang disediakan pembicara amatlah singkat sehingga seringkali pembicara memotong materi yang ingin disampaikan dan meminta peserta untuk membaca handoutnya di rumah. Sebagai peserta, hanya diberi kesempatan untuk bertanya beberapa pertanyaan saja. Itu pun waktunya sangat terbatas.
b)Pada WORKSHOP, peserta cenderung dapat berinteraksi lebih banyak dengan pembicara sehingga peserta akan mendapatkan pengetahuan lebih banyak. Selain itu peserta juga akan memperoleh skill atau keterampilan. Dengan mengerjakan latihan-latihan yang diberikan, diharapkan peserta dapat menguasai modul yang diajarkan.
c)Sedangkan TRAINING, yaitu pelatihan yang bertujuan untuk mendapatkan sertifikasi. Training hampir sama dengan workshop training, hanya saja training waktunya lebih lama dan anda harus lebih serius dalam mengikutinya.

2. Tema untuk seminar PAUD:
• Eksploitasi anak oleh orangtua yang berpendidikan rendah
• Bonding Attachment antara orangtua dan anak berpengaruh pada kedekatan secara emosi
• Apotik hidup di sekolah TK untuk membangun rasa kepedulian pada lingkungan
• Tindakan kekerasan yang dialami anak di sekolah
• Perbandingan tingkat pencapaian hasil belajar antara PAUD di desa dengan PAUD di kota

3. Komponen dalam naskah seminar :
• Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi.
• Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.
• Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.
• Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
• Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data.
• Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
• Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah.
• Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

decik dian pratiwi mengatakan...

1. Perbedaan seminar, workshop, dan training:
Seminar adalah sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional.
Workshop adalah pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi.Dimaknai dari kata dasarnya Workshop sendiri adalah tempat kerja bisa juga disebut Bengkel, dimana intinya workshop adalah tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan teknis dengan didukung alat-alat kerja
Training adalah proses membantu sumber daya yang terdapat dalam suatu organisasi untuk memperoleh efektifitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan datan melelui pengembangan skill, knowledge dan attitude.
2. Tema dalam seminar
- Perlindungan anak
- Kewirausahaan pada anak usia dini
- Pemberdayaan masyarakat untuk PAUD pada POSYANDU
- Media pembelajaran untuk pembelajaran anti korupsi
- Perkembangan sosial anak
3. Komponen naskah seminar :
-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
-Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
-Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
-Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

imul puryanti mengatakan...

1.Perbedaan antara seminar, workshop dan training adalah
•Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.
•Workshop merupakan suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya melalui teori dan praktek. Sebuahpertemuan ilmiah yang kecil.
•Training merupakan suatu kegiatan dari kelompok tertentu untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, tingkah-laku yang diberikan secara intruksional baik indoor atau outdoor untuk mendapatkan hasil kerja yang efektif dan efisien.
2.Tema terkini untuk seminar PAUD adalah
•Parenting
•Pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di indonesia
•Konservasi di lingkunan sekitar
•Menumbuhkan jiwa Kewirausahaan
•Sosial dan kebudayaan
•Mengembangkan kecerdasan jamak anal sejak dini
3.Komponen seminar adalah
•Judul , ditulis maksimal 150 karakter termasuk huruf dan spasi.
•Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.
•Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.
•Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.
•Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data.
•Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
•tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
•Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

aulia rifky mengatakan...

1. Perbedaan seminar, workshop, dan training
a. Seminar adalah suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya.
b. Workshop adalah Pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek.
Secara umum Workshop adalah tempat kerja. Bisa jg disebut Bengkel,
ataupun tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan maintenance and repair yg didukung dgn alat2 kerja.
c. Training adalah Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan. Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door Obyeknya seseorang atau sekelompok orang. Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya. Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan. Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja.

2. Tema tema seminar PAUD
a. Pendidikan Kewirausahan
b. Karakter Building
c. Pembelajaran Dikelas
d. Kesehatan dan Gizi pada Anak
e. Pemberdayaan Masyarakat

3. Komponen seminar
a. Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
b. Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.
c. Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
d. Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
e. Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
f. Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
g. Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
h. Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada

viscaputri mengatakan...

1.Perbedaan seminar, work shop dan training adalah
Seminar merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik disebuah Universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial / profesional,
Workshop adalah suatu acara dimana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.
Training adalah mengtembangkan pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan lain yang diberikan secara intruksional baik in – door maupun out – door, obyeknya seseorang atau sekelompok orang, sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya dan prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan serta hasilnya terlihat dengan adanya perubahan , tepatnya perbaikan cara kerja ditempat kerja.
2.5 tema tentang PAUD
-Konservasi Lingkungan
-Kewirausahaan
-Art Activity
-Pembelajaran dikelas
-Karakter building
-Parenting
3.-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
-Identitas penulis, ditulis dicatatan kaki halaman pertama terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomer telepon / hp dan alamat e-mail.
-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata disusun dalam satu alinea berisi masalah, tujuan, metode, hasil, dan 3 – 5 kata kunci, untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.
-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.
-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, desain, populasi, sampel, sumber data, teknik / instrument pengumpulan data prosedur analisis data.
-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
-Table / gambar. Table diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10, judul singkat, padat dan jelas,terletak diatas table. Gambar diberi nomoe sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat, dan jelas, terletak dibawah gambar. Maksimal 6 (enam) table / gambar dalam 1 (satu naskah.
-Kesimpulan dan saran
Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan mengada – ada.

phitantha mengatakan...

Nama : PRIANCA YULIA ARTANTI
NIM : 1601408002

1. Perbedaan seminar, workshop, dan training :
a. Seminar : pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (seorang ahli).
b. Workshop : pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi.
c. Training : pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan kecakapan sumber daya dalam suatu organisasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

2. Tema seminar PAUD :
a. Penggunaan Time Out pada Anak Autis
b. Perbedaan tingkat kemandirian anak laki-laki tunggal dengan anak perempuan tunggal
c. Pembelajaran komputer dan internet untuk perkembangan kecerdasan anak
d. Instructional games atau modifikasi permainan pada komputer guna mengembangkan kecerdasan anak
e. Menari guna melatih kedisiplinan anak
f. Pengaruh maju di muka kelas karena ditunjuk kaitannya dengan psikologis anak

3. Komponen-komponen dalam naskah seminar :
a. Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi.
b. Penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelart), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.
c. Abstrak,dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris, maksimal 200 kata, di susun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci.untuk naskah dalam bahsa inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahsa Indonesia
d. Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.
e. Bahan dan metode, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/instrument pengumpul data, dan prosedur analisis data.
f. Hasil dan pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentative hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
g. Table dan gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas table. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) table atau gambar dalam 1 (satu) naskah.
h. Simpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna, dan tidak mengada-ada.
i. Daftar pustaka

elif mauzidatul khoiroh mengatakan...

Elif Mauzidatul Khoiroh / 1601408016
1. SEMINAR : suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua siding. Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Waktu yang digunakan cukup singkat, bias melanjutkan membaca materi dirumah, pola seminar cenderung one way communications.
WORKSHOP : bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat, outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.
TRAINING : mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door, obyeknya seseorang atau sekelompok orang, sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya dan prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan serta hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja. berkaitan dengan sertifikasi, sangat penting untuk usaha yang sangat mengutamakan kepercayaan.
2. Tema-tema Seminar PAUD :
• Konservasi Lingkungan
• Pendidikan Kewirausahaan
• Penanaman jiwa anti korupsi
• Karakter building
• Pengembangan sifat jujur melalui permainan tradisonal
• Parenting dan pemberdayaan masyarakat
3. Komponen naskah seminar :
• Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
• Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
• Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
• Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
• Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
• Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
• Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
• Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

retno mengatakan...

1. -seminar, waktu yang disediakan untuk pembicara cukup singkat, seringkali ia memotong materi yang ingin disampaikannya, dan meminta peserta membaca handout-nya nanti di rumah. Peserta biasanya hanya diberi waktu sedikit untuk bertanya. Yang didapat peserta pun hanya garis besar atau ‘kulitnya’ saja,
-workshop, lebih singkat waktunya, outputnya diserahkan kepada level pesertanya.
-Training biasanya untuk yang berkaitan dengan sertifikasi. Waktunya lebih lama dan pesertanya harus lebih serius. Itu sebabnya, training sering dibagi lagi dalam beberapa tingkatan, mulai dari level kognisi (pengetahuan), psikomotor (skill), hingga level afeksi (sikap).
2. a.Pendidikan Kewirausahan
b.Karakter Building/pendidikan karakter untuk anak usia dini
c.Metode pembelajaran konservasi
d.Parenting Pemberdayaan Masyarakat
e.Mengembangkan kecerdasan majemuk anak
f.pembelajaran literasi dini
3. a. Format Tulisan. Naskah diketik 1,5 spasi pada kertas HVS ukuran A4 dengan marjin Top margin 3 cm, Bottom margin 3, Left Margin 4 cm, Right Margin 3 cm dengan huruf bertipe Times New Roman berukuran 12 point. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan. Gambar dan tabel dikelompokkan bersama di bagian akhir naskah pada lembaran terpisah.
b. Kmponen naskah seminar
1. Judul: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris
2. Nama Lengkap penulis, Nama penulis untuk korespondensi dilengkapi nomor telepon, fax, handphone, dan alamat e-mail
3. Nama Lembaga/institusi, disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos.
4. Abstrak: dibuat dalam bahasa Inggris dan Indonesia, masing-masing tidak lebih dari 250 kata
5. Kata kunci (keywords): ditulis dalam bahasa Inggris terdiri atas tiga sampai lima kata di dalam parentesis diletakkan di bawah abstract.
6. Pendahuluan: berisi latar belakang dan tujuan penelitian.
7. Bahan dan Metode (untuk penelitian yang bersifat eksperimen): berisi informasi teknis yang cukup sehingga orang lain dapat berhasil mengulangi percobaan dengan teknik yang dikemukakan; atau
Metode (untuk penelitian sosial-ekonomi): berisi informasi cara pengambilan sampel dan pengumpulan data serta analisis data sehingga dapat dinilai keabsahan dan keandalan metode yang digunakan.
8. Hasil dan Pembahasan: berisi hasil-hasil penelitian baik yang disajikan dalam bentuk teks, tabel maupun gambar. Pembahasan berisi interpretasi hasil penelitian yang diperoleh dan dikaitkan dengan hasil-hasil yang pernah dilaporkan (penelitian sebelumnya).
9. Kesimpulan: memuat makna hasil penelitian, jawaban atas hipotesis atau tujuan penelitian
10. Ucapan Terimakasih (bila diperlukan): dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana penelitian yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi atau orang yang membantu pelaksanaan penelitian dan atau penulisan artikel.
11. Daftar Pustaka sesuai dengan yang diacu dalam tubuh tulisan.
12. Gambar dan Tabel, beserta keterangannya

sekti soraya mengatakan...

Nama : Sekti soraya
Nim : 1601408013
Mata kuliah : Seminar PAUD

1.Jelaskan perbedaan seminar, workshop, dan training?
2.Sebutkan tema-tema seminar yang aktual tentang PAUD, minimal 5 tema.
3.Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen dalam naskah seminar.

1. Perbedaan seminar, woksop dan training
 Seminar merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya.
 workshop adalah tempat kerja, bisa juga disebut bengkel. Intinya workshop adalah tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan maintenance dan repair yang didukung dengan alat-alat kerja dan waktunya lebih singkat.
 Training (pelatihan) adalah tindakan untuk meningkatkan kecakapan dan pengetahuan dan kecakapan sumber daya dalam suatu organisasi untuk melaksanakan pekerjaan tertentu ( flipo 1961).
2. Tema – tema tentang Paud
a. Pemberdayaan masyarakat
b. Kekerasan pada anak
c. Pola asuh yang dilakukan oleh orang tua
d. Perkembangan anak usia dini
e. Penyelenggaraan dan kebijakan PAUD
f. Kurikulum pada PAUD
g. Kompetensi guru PAUD
h. Kebijakan pemerintah terhadap PAUD

3. Komponen naskah seminar :

-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
-Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
-Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
-Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

Novita Indarni mengatakan...

1. SEMINAR merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah.
WORKSHOP : Bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat, outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.
TRAINING (pelatihan) adalah tindakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan sumber daya dalam suatu organisasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu (flippo, 1961). Training adalah proses membantu sumber daya yang terdapat dalam suatu organisasi untuk memperoleh efektifitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan datan melelui pengembangan skill, knowledge dan attitude (Sherwood dan Best, 1958)
2. Tema-tema Seminar PAUD :
• Konservasi Lingkungan
• Pendidikan Kewirausahaan
• Penanaman jiwa anti korupsi
• Karakter building
• Pengembangan sifat jujur melalui permainan tradisonal
• Parenting dan pemberdayaan masyarakat
3.Komponen seminar adalah
•Judul , ditulis maksimal 150 karakter termasuk huruf dan spasi.
•Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.
•Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.
•Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.
•Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data.
•Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
•tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
•Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

heyl_mee ^06 mengatakan...

AYU HELMY RIZQILLAH 1601408004
1. PERBEDAAN SEMINAR, WORKSHOP, DAN TRAINING
a. Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti "tanah tempat menanam benih". Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.
b. Workshop suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.
c. Training Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan
• Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door
• Obyeknya seseorang atau sekelompok orang
• Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya
• Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan
• Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja
2. TEMA-TEMA SEMINAR TENTANG PAUD:
• Konservasi lingkungan
• Parenting dan pemberdayaan masyarakat
• Pembelajaran di kelas
• Kewirausahaan
• Karakter building
3. KOMPONEN NASKAH SEMINAR
• Judul: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris
• Nama Lengkap penulis, Nama penulis untuk korespondensi dilengkapi nomor telepon, fax, handphone, dan alamat e-mail
• Nama Lembaga/institusi, disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos.
• Abstrak: dibuat dalam bahasa Inggris dan Indonesia, masing-masing tidak lebih dari 250 kata
• Kata kunci (keywords): ditulis dalam bahasa Inggris terdiri atas tiga sampai lima kata di dalam parentesis diletakkan di bawah abstract.
• Pendahuluan: berisi latar belakang dan tujuan penelitian.
• Bahan dan Metode (untuk penelitian yang bersifat eksperimen): berisi informasi teknis yang cukup sehingga orang lain dapat berhasil mengulangi percobaan dengan teknik yang dikemukakan; atau Metode (untuk penelitian sosial-ekonomi): berisi informasi cara pengambilan sampel dan pengumpulan data serta analisis data sehingga dapat dinilai keabsahan dan keandalan metode yang digunakan.
• Hasil dan Pembahasan: berisi hasil-hasil penelitian baik yang disajikan dalam bentuk teks, tabel maupun gambar. Pembahasan berisi interpretasi hasil penelitian yang diperoleh dan dikaitkan dengan hasil-hasil yang pernah dilaporkan (penelitian sebelumnya).
• Kesimpulan: memuat makna hasil penelitian, jawaban atas hipotesis atau tujuan penelitian
• Ucapan Terimakasih (bila diperlukan): dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana penelitian yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi atau orang yang membantu pelaksanaan penelitian dan atau penulisan artikel.
• Daftar Pustaka sesuai dengan yang diacu dalam tubuh tulisan.
• Gambar dan Tabel, beserta keterangannya

agus aryani mengatakan...

1. Perbedaan antara Seminar, Workshop, dan Training
Seminar adalah sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau professional. Seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Selain itu waktu yang digunakan dalam seminar cukup singkat,bisa melanjutkan membaca materi dirumah, pola seminar cenderung one way communications.
Dalam workshop peserta bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat,outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap. Selain itu peserta akan memperoleh skill atau keterampilan.
Training berkaitan dengan sertifikasi, sangat penting untuk usaha yang sangat mengutamakan kepercayaan. Training waktunya lebih lama dan peserta diharapkan agar serius.

2. Tema-tema Seminar PAUD :
Konservasi Lingkungan
a. Pengembangan sikap hormat menghormati anak terhadap masyarakat melalui metode karya wisata
b. Pemanfaatan daun kering sebagai media pembelajaran
Pembelajaran di kelas
a. Pengembangan kompetensi guru pada guru TK di kecamatan Patean
b. Hubungan antara perkembangan kognitif dengan perkembangan motorik
c. Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran
Art Activity
Mengetahui perasaan anak dengan menggunakan coretan anak
Kewirausahaan
Karakter Building

3. Komponen-komponen naskah seminar :
a. Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
b. Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
c. Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
d. Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
e. Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
f. Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
g. Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
h. Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

susianiidaa mengatakan...

Ida Susiani 1601408027
1. Perbedaan seminar, workshop,dan training :
• Seminar merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. waktu yang digunakan cukup singkat,bias melanjutkan membaca materi dirumah, pola seminar cenderung one way communications.
• Workshop adalah Pelatihan kerja , yang meliputi teori dan praktek. Secara umum Workshop adalah tempat kerja Bisa jg disebut Bengkel, intinya worshop adalah tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan maintenance and repair yg didukung dgn alat-alat kerja. Arti dari segi tehnik. Bisa juga wadah atau tempat penampungan memodifikasi data-data dan alat-alat. bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat,outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.
• Training adalah memberikan pelatihan semacam kursus yang dijalankan di luar lingkungan kerja. Pendidikan dan pelatihan yang diberikan pada kursus tersebut tidak jauh berbeda dengan pekerjaan yang nantinya akan digeluti oleh para peserta. berkaitan dengan sertifikasi, sangat penting untuk usaha yang sagat mengutamakan kepercayaan.
2. Tema-tema Seminar PAUD :
 Peran manajemen kurikulum dalam upaya mengembangkan potensi anak didik.
 Pengaruh minat menjadi guru PAUD terhadap tingkat pemahaman mata kuliah ke-PAUDan.
 Pengaruh kegiatan storytelling terhadap pertumbuhan minat baca Anak Usia Dini.
 Melestarikan lingkungan hidup malalui pembelajaran menanam.
 Pengaruh minat dan cara belajar terhadap prestasi belajar anak.

3. Komponen naskah seminar :
- Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
- Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
- Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
- Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
- Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
- Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
- Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah
- Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

ariestha wardhani mengatakan...

ariestha kusuma wardhani
1. Perbedaan seminar, workshop, dan training
a. Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional.
b. Lokakarya (Inggris: academic workshop) adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.
c. Training adalah mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door, obyeknya seseorang atau sekelompok orang, sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya dan prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan serta hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja.
2. Tema seminar yang aktual tentang PAUD
a. Observasi lingkungan
b. Karakter Building
c. Kewirausahaan
d. Pembelajaran dikelas
e. Parenting dan pemberdayaan masyarakat
3. Komponen naskah seminar :
a. Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi
b. Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email
c. Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia
d. Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian
e. Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data
f. Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.
g. Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalam 1 (satu) naskah
h. Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.

Poskan Komentar