tag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.comments2022-04-08T14:39:46.261-07:00ediwaluyoedi waluyo paudhttp://www.blogger.com/profile/18425857447928729298noreply@blogger.comBlogger230125tag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-69540175364411431862011-03-27T06:38:35.184-07:002011-03-27T06:38:35.184-07:00ariestha kusuma wardhani
1. Perbedaan seminar, wor...ariestha kusuma wardhani<br />1. Perbedaan seminar, workshop, dan training<br />a. Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional.<br />b. Lokakarya (Inggris: academic workshop) adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.<br />c. Training adalah mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door, obyeknya seseorang atau sekelompok orang, sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya dan prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan serta hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja.<br />2. Tema seminar yang aktual tentang PAUD<br />a. Observasi lingkungan<br />b. Karakter Building<br />c. Kewirausahaan<br />d. Pembelajaran dikelas<br />e. Parenting dan pemberdayaan masyarakat<br />3. Komponen naskah seminar :<br />a. Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi<br />b. Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email<br />c. Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia<br />d. Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian<br />e. Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data<br />f. Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />g. Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalam 1 (satu) naskah<br />h. Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.ariestha wardhanihttps://www.blogger.com/profile/02684725744388638948noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-71975829550935504582011-03-27T06:09:52.622-07:002011-03-27T06:09:52.622-07:00Ida Susiani 1601408027
1. Perbedaan seminar, works...Ida Susiani 1601408027<br />1. Perbedaan seminar, workshop,dan training :<br />• Seminar merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. waktu yang digunakan cukup singkat,bias melanjutkan membaca materi dirumah, pola seminar cenderung one way communications.<br />• Workshop adalah Pelatihan kerja , yang meliputi teori dan praktek. Secara umum Workshop adalah tempat kerja Bisa jg disebut Bengkel, intinya worshop adalah tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan maintenance and repair yg didukung dgn alat-alat kerja. Arti dari segi tehnik. Bisa juga wadah atau tempat penampungan memodifikasi data-data dan alat-alat. bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat,outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.<br />• Training adalah memberikan pelatihan semacam kursus yang dijalankan di luar lingkungan kerja. Pendidikan dan pelatihan yang diberikan pada kursus tersebut tidak jauh berbeda dengan pekerjaan yang nantinya akan digeluti oleh para peserta. berkaitan dengan sertifikasi, sangat penting untuk usaha yang sagat mengutamakan kepercayaan.<br />2. Tema-tema Seminar PAUD : <br /> Peran manajemen kurikulum dalam upaya mengembangkan potensi anak didik.<br /> Pengaruh minat menjadi guru PAUD terhadap tingkat pemahaman mata kuliah ke-PAUDan.<br /> Pengaruh kegiatan storytelling terhadap pertumbuhan minat baca Anak Usia Dini.<br /> Melestarikan lingkungan hidup malalui pembelajaran menanam.<br /> Pengaruh minat dan cara belajar terhadap prestasi belajar anak.<br /><br />3. Komponen naskah seminar :<br />- Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi<br />- Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email<br />- Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia<br />- Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian<br />- Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data<br />- Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />- Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah<br />- Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.susianiidaahttps://www.blogger.com/profile/05299158152363018862noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-33000898681309360982011-03-27T01:01:55.275-07:002011-03-27T01:01:55.275-07:001. Perbedaan antara Seminar, Workshop, dan Traini...1. Perbedaan antara Seminar, Workshop, dan Training<br />Seminar adalah sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau professional. Seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Selain itu waktu yang digunakan dalam seminar cukup singkat,bisa melanjutkan membaca materi dirumah, pola seminar cenderung one way communications.<br />Dalam workshop peserta bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat,outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap. Selain itu peserta akan memperoleh skill atau keterampilan.<br />Training berkaitan dengan sertifikasi, sangat penting untuk usaha yang sangat mengutamakan kepercayaan. Training waktunya lebih lama dan peserta diharapkan agar serius.<br /><br />2. Tema-tema Seminar PAUD : <br />Konservasi Lingkungan<br />a. Pengembangan sikap hormat menghormati anak terhadap masyarakat melalui metode karya wisata<br />b. Pemanfaatan daun kering sebagai media pembelajaran<br />Pembelajaran di kelas<br />a. Pengembangan kompetensi guru pada guru TK di kecamatan Patean<br />b. Hubungan antara perkembangan kognitif dengan perkembangan motorik<br />c. Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran<br />Art Activity<br />Mengetahui perasaan anak dengan menggunakan coretan anak<br />Kewirausahaan<br />Karakter Building<br /><br />3. Komponen-komponen naskah seminar :<br />a. Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi<br />b. Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email<br />c. Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia<br />d. Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian<br />e. Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data<br />f. Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />g. Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah<br />h. Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.agus aryanihttps://www.blogger.com/profile/01059551702311864128noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-65295273353946712212011-03-26T21:38:24.841-07:002011-03-26T21:38:24.841-07:00AYU HELMY RIZQILLAH 1601408004
1. PERBEDAAN SEMINA...AYU HELMY RIZQILLAH 1601408004<br />1. PERBEDAAN SEMINAR, WORKSHOP, DAN TRAINING<br />a. Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti "tanah tempat menanam benih". Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.<br />b. Workshop suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.<br />c. Training Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan<br />• Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door<br />• Obyeknya seseorang atau sekelompok orang<br />• Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya<br />• Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan<br />• Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja<br />2. TEMA-TEMA SEMINAR TENTANG PAUD:<br />• Konservasi lingkungan<br />• Parenting dan pemberdayaan masyarakat<br />• Pembelajaran di kelas<br />• Kewirausahaan<br />• Karakter building<br />3. KOMPONEN NASKAH SEMINAR<br />• Judul: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris<br />• Nama Lengkap penulis, Nama penulis untuk korespondensi dilengkapi nomor telepon, fax, handphone, dan alamat e-mail<br />• Nama Lembaga/institusi, disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos.<br />• Abstrak: dibuat dalam bahasa Inggris dan Indonesia, masing-masing tidak lebih dari 250 kata<br />• Kata kunci (keywords): ditulis dalam bahasa Inggris terdiri atas tiga sampai lima kata di dalam parentesis diletakkan di bawah abstract.<br />• Pendahuluan: berisi latar belakang dan tujuan penelitian. <br />• Bahan dan Metode (untuk penelitian yang bersifat eksperimen): berisi informasi teknis yang cukup sehingga orang lain dapat berhasil mengulangi percobaan dengan teknik yang dikemukakan; atau Metode (untuk penelitian sosial-ekonomi): berisi informasi cara pengambilan sampel dan pengumpulan data serta analisis data sehingga dapat dinilai keabsahan dan keandalan metode yang digunakan.<br />• Hasil dan Pembahasan: berisi hasil-hasil penelitian baik yang disajikan dalam bentuk teks, tabel maupun gambar. Pembahasan berisi interpretasi hasil penelitian yang diperoleh dan dikaitkan dengan hasil-hasil yang pernah dilaporkan (penelitian sebelumnya).<br />• Kesimpulan: memuat makna hasil penelitian, jawaban atas hipotesis atau tujuan penelitian<br />• Ucapan Terimakasih (bila diperlukan): dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana penelitian yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi atau orang yang membantu pelaksanaan penelitian dan atau penulisan artikel.<br />• Daftar Pustaka sesuai dengan yang diacu dalam tubuh tulisan.<br />• Gambar dan Tabel, beserta keterangannyaheyl_mee ^06https://www.blogger.com/profile/06489499332749957187noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-73185926597992015632011-03-26T02:00:07.240-07:002011-03-26T02:00:07.240-07:001. SEMINAR merupakan suatu pertemuan atau persidan...1. SEMINAR merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah.<br />WORKSHOP : Bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat, outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.<br />TRAINING (pelatihan) adalah tindakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan sumber daya dalam suatu organisasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu (flippo, 1961). Training adalah proses membantu sumber daya yang terdapat dalam suatu organisasi untuk memperoleh efektifitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan datan melelui pengembangan skill, knowledge dan attitude (Sherwood dan Best, 1958)<br />2. Tema-tema Seminar PAUD :<br />• Konservasi Lingkungan<br />• Pendidikan Kewirausahaan<br />• Penanaman jiwa anti korupsi<br />• Karakter building<br />• Pengembangan sifat jujur melalui permainan tradisonal<br />• Parenting dan pemberdayaan masyarakat<br />3.Komponen seminar adalah<br />•Judul , ditulis maksimal 150 karakter termasuk huruf dan spasi.<br />•Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.<br />•Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.<br />•Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.<br />•Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data.<br />•Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />•tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah<br />•Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.Novita Indarnihttps://www.blogger.com/profile/06285437945175405426noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-56087590113135070362011-03-25T19:04:42.263-07:002011-03-25T19:04:42.263-07:00Nama : Sekti soraya
Nim : 1601408013
Mata kuliah...Nama : Sekti soraya<br />Nim : 1601408013<br />Mata kuliah : Seminar PAUD <br /><br />1.Jelaskan perbedaan seminar, workshop, dan training? <br />2.Sebutkan tema-tema seminar yang aktual tentang PAUD, minimal 5 tema. <br />3.Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen dalam naskah seminar. <br /><br />1. Perbedaan seminar, woksop dan training<br /> Seminar merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya. <br /> workshop adalah tempat kerja, bisa juga disebut bengkel. Intinya workshop adalah tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan maintenance dan repair yang didukung dengan alat-alat kerja dan waktunya lebih singkat. <br /> Training (pelatihan) adalah tindakan untuk meningkatkan kecakapan dan pengetahuan dan kecakapan sumber daya dalam suatu organisasi untuk melaksanakan pekerjaan tertentu ( flipo 1961).<br />2. Tema – tema tentang Paud<br />a. Pemberdayaan masyarakat<br />b. Kekerasan pada anak<br />c. Pola asuh yang dilakukan oleh orang tua<br />d. Perkembangan anak usia dini<br />e. Penyelenggaraan dan kebijakan PAUD<br />f. Kurikulum pada PAUD<br />g. Kompetensi guru PAUD<br />h. Kebijakan pemerintah terhadap PAUD<br /><br />3. Komponen naskah seminar :<br /><br />-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi<br />-Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email<br />-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia<br />-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian<br />-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data<br />-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />-Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah<br />-Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.sekti sorayahttps://www.blogger.com/profile/08731056943376496687noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-16056684351617673962011-03-25T19:03:14.625-07:002011-03-25T19:03:14.625-07:001. -seminar, waktu yang disediakan untuk pembicar...1. -seminar, waktu yang disediakan untuk pembicara cukup singkat, seringkali ia memotong materi yang ingin disampaikannya, dan meminta peserta membaca handout-nya nanti di rumah. Peserta biasanya hanya diberi waktu sedikit untuk bertanya. Yang didapat peserta pun hanya garis besar atau ‘kulitnya’ saja,<br />-workshop, lebih singkat waktunya, outputnya diserahkan kepada level pesertanya. <br />-Training biasanya untuk yang berkaitan dengan sertifikasi. Waktunya lebih lama dan pesertanya harus lebih serius. Itu sebabnya, training sering dibagi lagi dalam beberapa tingkatan, mulai dari level kognisi (pengetahuan), psikomotor (skill), hingga level afeksi (sikap).<br />2. a.Pendidikan Kewirausahan<br />b.Karakter Building/pendidikan karakter untuk anak usia dini<br />c.Metode pembelajaran konservasi <br />d.Parenting Pemberdayaan Masyarakat<br />e.Mengembangkan kecerdasan majemuk anak <br />f.pembelajaran literasi dini<br />3. a. Format Tulisan. Naskah diketik 1,5 spasi pada kertas HVS ukuran A4 dengan marjin Top margin 3 cm, Bottom margin 3, Left Margin 4 cm, Right Margin 3 cm dengan huruf bertipe Times New Roman berukuran 12 point. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan. Gambar dan tabel dikelompokkan bersama di bagian akhir naskah pada lembaran terpisah.<br />b. Kmponen naskah seminar<br />1. Judul: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris<br />2. Nama Lengkap penulis, Nama penulis untuk korespondensi dilengkapi nomor telepon, fax, handphone, dan alamat e-mail<br />3. Nama Lembaga/institusi, disertai alamat lengkap dengan nomor kode pos.<br />4. Abstrak: dibuat dalam bahasa Inggris dan Indonesia, masing-masing tidak lebih dari 250 kata<br />5. Kata kunci (keywords): ditulis dalam bahasa Inggris terdiri atas tiga sampai lima kata di dalam parentesis diletakkan di bawah abstract.<br />6. Pendahuluan: berisi latar belakang dan tujuan penelitian. <br />7. Bahan dan Metode (untuk penelitian yang bersifat eksperimen): berisi informasi teknis yang cukup sehingga orang lain dapat berhasil mengulangi percobaan dengan teknik yang dikemukakan; atau<br />Metode (untuk penelitian sosial-ekonomi): berisi informasi cara pengambilan sampel dan pengumpulan data serta analisis data sehingga dapat dinilai keabsahan dan keandalan metode yang digunakan.<br />8. Hasil dan Pembahasan: berisi hasil-hasil penelitian baik yang disajikan dalam bentuk teks, tabel maupun gambar. Pembahasan berisi interpretasi hasil penelitian yang diperoleh dan dikaitkan dengan hasil-hasil yang pernah dilaporkan (penelitian sebelumnya).<br />9. Kesimpulan: memuat makna hasil penelitian, jawaban atas hipotesis atau tujuan penelitian<br />10. Ucapan Terimakasih (bila diperlukan): dapat digunakan untuk menyebutkan sumber dana penelitian yang hasilnya dilaporkan pada jurnal ini dan memberikan penghargaan kepada beberapa institusi atau orang yang membantu pelaksanaan penelitian dan atau penulisan artikel.<br />11. Daftar Pustaka sesuai dengan yang diacu dalam tubuh tulisan.<br />12. Gambar dan Tabel, beserta keterangannyaretnohttps://www.blogger.com/profile/02774056427157245243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-91819727611712422592011-03-25T18:35:36.707-07:002011-03-25T18:35:36.707-07:00Elif Mauzidatul Khoiroh / 1601408016
1. SEMINAR : ...Elif Mauzidatul Khoiroh / 1601408016<br />1. SEMINAR : suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua siding. Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Waktu yang digunakan cukup singkat, bias melanjutkan membaca materi dirumah, pola seminar cenderung one way communications.<br />WORKSHOP : bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat, outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.<br />TRAINING : mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door, obyeknya seseorang atau sekelompok orang, sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya dan prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan serta hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja. berkaitan dengan sertifikasi, sangat penting untuk usaha yang sangat mengutamakan kepercayaan. <br />2. Tema-tema Seminar PAUD : <br />• Konservasi Lingkungan<br />• Pendidikan Kewirausahaan<br />• Penanaman jiwa anti korupsi<br />• Karakter building<br />• Pengembangan sifat jujur melalui permainan tradisonal<br />• Parenting dan pemberdayaan masyarakat<br />3. Komponen naskah seminar :<br />• Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi<br />• Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email<br />• Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia<br />• Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian<br />• Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data<br />• Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />• Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah<br />• Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.elif mauzidatul khoirohhttps://www.blogger.com/profile/05698771571207241780noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-41593852190968005822011-03-25T07:29:01.757-07:002011-03-25T07:29:01.757-07:00Nama : PRIANCA YULIA ARTANTI
NIM : 1601408002
1. ...Nama : PRIANCA YULIA ARTANTI<br />NIM : 1601408002<br /><br />1. Perbedaan seminar, workshop, dan training :<br />a. Seminar : pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (seorang ahli).<br />b. Workshop : pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi.<br />c. Training : pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan kecakapan sumber daya dalam suatu organisasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan.<br /><br />2. Tema seminar PAUD :<br />a. Penggunaan Time Out pada Anak Autis<br />b. Perbedaan tingkat kemandirian anak laki-laki tunggal dengan anak perempuan tunggal<br />c. Pembelajaran komputer dan internet untuk perkembangan kecerdasan anak<br />d. Instructional games atau modifikasi permainan pada komputer guna mengembangkan kecerdasan anak<br />e. Menari guna melatih kedisiplinan anak<br />f. Pengaruh maju di muka kelas karena ditunjuk kaitannya dengan psikologis anak<br /><br />3. Komponen-komponen dalam naskah seminar :<br />a. Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi.<br />b. Penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelart), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.<br />c. Abstrak,dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris, maksimal 200 kata, di susun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci.untuk naskah dalam bahsa inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahsa Indonesia<br />d. Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.<br />e. Bahan dan metode, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/instrument pengumpul data, dan prosedur analisis data.<br />f. Hasil dan pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentative hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />g. Table dan gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas table. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) table atau gambar dalam 1 (satu) naskah.<br />h. Simpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna, dan tidak mengada-ada.<br />i. Daftar pustakapriancahttps://www.blogger.com/profile/01241500236618556039noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-14213768224651957762011-03-25T06:49:42.108-07:002011-03-25T06:49:42.108-07:001.Perbedaan seminar, work shop dan training adalah...1.Perbedaan seminar, work shop dan training adalah<br />Seminar merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik disebuah Universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial / profesional, <br />Workshop adalah suatu acara dimana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.<br />Training adalah mengtembangkan pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan lain yang diberikan secara intruksional baik in – door maupun out – door, obyeknya seseorang atau sekelompok orang, sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya dan prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan serta hasilnya terlihat dengan adanya perubahan , tepatnya perbaikan cara kerja ditempat kerja. <br />2.5 tema tentang PAUD<br />-Konservasi Lingkungan <br />-Kewirausahaan <br />-Art Activity<br />-Pembelajaran dikelas<br />-Karakter building<br />-Parenting<br />3.-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi<br />-Identitas penulis, ditulis dicatatan kaki halaman pertama terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomer telepon / hp dan alamat e-mail.<br />-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata disusun dalam satu alinea berisi masalah, tujuan, metode, hasil, dan 3 – 5 kata kunci, untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.<br />-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.<br />-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, desain, populasi, sampel, sumber data, teknik / instrument pengumpulan data prosedur analisis data.<br />-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />-Table / gambar. Table diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10, judul singkat, padat dan jelas,terletak diatas table. Gambar diberi nomoe sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat, dan jelas, terletak dibawah gambar. Maksimal 6 (enam) table / gambar dalam 1 (satu naskah.<br />-Kesimpulan dan saran<br />Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan mengada – ada.viscaputrihttps://www.blogger.com/profile/14169234921056333964noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-38981710036726421402011-03-25T04:24:18.474-07:002011-03-25T04:24:18.474-07:001. Perbedaan seminar, workshop, dan training
a. S...1. Perbedaan seminar, workshop, dan training <br />a. Seminar adalah suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya.<br />b. Workshop adalah Pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek.<br />Secara umum Workshop adalah tempat kerja. Bisa jg disebut Bengkel,<br />ataupun tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan maintenance and repair yg didukung dgn alat2 kerja.<br />c. Training adalah Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan. Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door Obyeknya seseorang atau sekelompok orang. Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya. Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan. Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja.<br /><br />2. Tema tema seminar PAUD<br />a. Pendidikan Kewirausahan<br />b. Karakter Building<br />c. Pembelajaran Dikelas<br />d. Kesehatan dan Gizi pada Anak<br />e. Pemberdayaan Masyarakat<br /><br />3. Komponen seminar<br />a. Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi<br />b. Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email. <br />c. Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia<br />d. Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian<br />e. Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data<br />f. Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />g. Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah<br />h. Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-adaaulia rifkyhttps://www.blogger.com/profile/16765155554674808154noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-56242746081638195432011-03-25T00:11:36.162-07:002011-03-25T00:11:36.162-07:001.Perbedaan antara seminar, workshop dan training ...1.Perbedaan antara seminar, workshop dan training adalah<br />•Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis. <br />•Workshop merupakan suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya melalui teori dan praktek. Sebuahpertemuan ilmiah yang kecil.<br />•Training merupakan suatu kegiatan dari kelompok tertentu untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, tingkah-laku yang diberikan secara intruksional baik indoor atau outdoor untuk mendapatkan hasil kerja yang efektif dan efisien.<br />2.Tema terkini untuk seminar PAUD adalah<br />•Parenting<br />•Pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di indonesia<br />•Konservasi di lingkunan sekitar<br />•Menumbuhkan jiwa Kewirausahaan<br />•Sosial dan kebudayaan<br />•Mengembangkan kecerdasan jamak anal sejak dini<br />3.Komponen seminar adalah<br />•Judul , ditulis maksimal 150 karakter termasuk huruf dan spasi.<br />•Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.<br />•Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.<br />•Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.<br />•Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data.<br />•Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />•tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah<br />•Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.imul puryantihttps://www.blogger.com/profile/11806604739614535386noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-63132044944823233842011-03-24T17:43:29.150-07:002011-03-24T17:43:29.150-07:001. Perbedaan seminar, workshop, dan training:
Semi...1. Perbedaan seminar, workshop, dan training:<br />Seminar adalah sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional.<br />Workshop adalah pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi.Dimaknai dari kata dasarnya Workshop sendiri adalah tempat kerja bisa juga disebut Bengkel, dimana intinya workshop adalah tempat tenaga kerja (mekanik,montir dll) melakukan kegiatan teknis dengan didukung alat-alat kerja<br />Training adalah proses membantu sumber daya yang terdapat dalam suatu organisasi untuk memperoleh efektifitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan datan melelui pengembangan skill, knowledge dan attitude.<br />2. Tema dalam seminar<br />- Perlindungan anak<br />- Kewirausahaan pada anak usia dini<br />- Pemberdayaan masyarakat untuk PAUD pada POSYANDU<br />- Media pembelajaran untuk pembelajaran anti korupsi<br />- Perkembangan sosial anak<br />3. Komponen naskah seminar :<br />-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi<br />-Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email<br />-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia<br />-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian<br />-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data<br />-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />-Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah<br />-Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.decik dian pratiwihttps://www.blogger.com/profile/04249117874262399292noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-16863323291260827102011-03-24T09:56:00.695-07:002011-03-24T09:56:00.695-07:001. a)Dalam SEMINAR, waktu yang disediakan pembicar...1. a)Dalam SEMINAR, waktu yang disediakan pembicara amatlah singkat sehingga seringkali pembicara memotong materi yang ingin disampaikan dan meminta peserta untuk membaca handoutnya di rumah. Sebagai peserta, hanya diberi kesempatan untuk bertanya beberapa pertanyaan saja. Itu pun waktunya sangat terbatas.<br />b)Pada WORKSHOP, peserta cenderung dapat berinteraksi lebih banyak dengan pembicara sehingga peserta akan mendapatkan pengetahuan lebih banyak. Selain itu peserta juga akan memperoleh skill atau keterampilan. Dengan mengerjakan latihan-latihan yang diberikan, diharapkan peserta dapat menguasai modul yang diajarkan.<br />c)Sedangkan TRAINING, yaitu pelatihan yang bertujuan untuk mendapatkan sertifikasi. Training hampir sama dengan workshop training, hanya saja training waktunya lebih lama dan anda harus lebih serius dalam mengikutinya.<br /><br />2. Tema untuk seminar PAUD:<br />• Eksploitasi anak oleh orangtua yang berpendidikan rendah<br />• Bonding Attachment antara orangtua dan anak berpengaruh pada kedekatan secara emosi<br />• Apotik hidup di sekolah TK untuk membangun rasa kepedulian pada lingkungan<br />• Tindakan kekerasan yang dialami anak di sekolah<br />• Perbandingan tingkat pencapaian hasil belajar antara PAUD di desa dengan PAUD di kota<br /><br />3. Komponen dalam naskah seminar :<br />• Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi.<br />• Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.<br />• Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.<br />• Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian<br />• Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data.<br />• Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />• Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah.<br />• Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.Titis Setianihttps://www.blogger.com/profile/05086054974429765608noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-13755152058795306732011-03-24T01:49:40.992-07:002011-03-24T01:49:40.992-07:001. SEMINAR merupakan suatu pertemuan atau persidan...1. SEMINAR merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah.<br />WORKSHOP : Bisa berinteraksi dengan pembicara, waktunya cukup singkat, outputnya diserahkan pada level peserta, dilakukan secara bertahap.<br />TRAINING (pelatihan) adalah tindakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan sumber daya dalam suatu organisasi untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu (flippo, 1961). Training adalah proses membantu sumber daya yang terdapat dalam suatu organisasi untuk memperoleh efektifitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan datan melelui pengembangan skill, knowledge dan attitude (Sherwood dan Best, 1958)<br />2. Tema-tema Seminar PAUD : <br />• Pendidikan anti korupsi melalui permainan tradisional untuk anak usia dini<br />• Konservasi lingkungan<br />• Dampak poligami terhadap perkembangan anak<br />• Parenting dan pemberdayaan masyarakat<br />• Karakter building<br />• Kewirausahaan<br />• Pembelajaran di kelas<br />• Art activity<br />3. Komponen naskah seminar :<br />• Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi.<br />• Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email.<br />• Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia.<br />• Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian.<br />• Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data.<br />• Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />• Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah.<br />• Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.ernita lusianahttps://www.blogger.com/profile/04899195350817793023noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-82235725571167880842011-03-23T06:17:11.407-07:002011-03-23T06:17:11.407-07:001.Perbedaan seminar, workshop, dan training
•Semin...1.Perbedaan seminar, workshop, dan training<br />•Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional.<br />•Lokakarya (Inggris: academic workshop) adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.<br />•Training adalah mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door, obyeknya seseorang atau sekelompok orang, sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya dan prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan serta hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja<br />2.Tema seminar yang aktual tentang PAUD<br />•Observasi lingkungan<br />•Karakter Building<br />•Kewirausahaan<br />•Pembelajaran dikelas<br />•Art activities<br />•Parenting dan pemberdayaan masyarakat<br />3.Komponen naskah seminar :<br />-Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi<br />-Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email<br />-Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia<br />-Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian<br />-Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data<br />-Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />-Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah<br />-Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.umri mufidahhttps://www.blogger.com/profile/04647730139179452431noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-5822516142244548942011-03-23T05:43:29.992-07:002011-03-23T05:43:29.992-07:00jefri tri yanuarta
1601409027
rombel 2
menurut sa...jefri tri yanuarta<br />1601409027<br />rombel 2<br /><br />menurut saya, pemgembangan moral pada AUD di lembaga paud pastinya berbeda-beda sesuai metode yang di terapkan di lembaga-lembaga PAUD itu.<br />dan juga disesuaikan tingkat atau kemampuan siswa dalam menerima dan bagaimana caranya mengenbangkan moral anak tersebut dalam artian sesuai dengan umur mereka dan dalam kapasitas ya ng anak miliki dalam menerima pembelajaran moral di lembaga PAUD tersebut.<br />misalnya ketika anak datang ke sekolah anak mengucapkan salam kepada guru dan teman-teman, merapikan sepatu, membiasakan untuk mengantri, dll.<br />saat akan memulai pembelajaran kegiatan awal yaitu berdo'a.jefriyanuartahttps://www.blogger.com/profile/16752947849010981959noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-9451279211214055812011-03-23T04:31:19.975-07:002011-03-23T04:31:19.975-07:00puripuspita dewi
1601409032
rombel 2
saat ini sud...puripuspita dewi<br />1601409032<br />rombel 2<br /><br />saat ini sudah semakin banyak lembaga-lembaga PAUD yang bukan hanya berfokus untuk mengasah kemampuan intelaktual saja tetapi sudah memacu pada pembentukan karakter. pembentukan karakter sendiri erat kaitannya dengan pengembangan moral anak. hal ini dapat terlihat dari kegiatan belajar mengajar yang dari awal sampai akhir tidak luput dari kegiatan yang bersifat keagamaan/penanaman moral yang dapat berupa pengajaran tentang sopan santun,berdo'a, pemahaman aturan-aturan dalam keluarga/sekolah,mampu bersosialisasi dengan teman,bergantian/antri.Purihttps://www.blogger.com/profile/10841940705222990193noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-8658612926530176332011-03-23T01:29:09.557-07:002011-03-23T01:29:09.557-07:00pramitha adityasari
1601409047
rombel 2
menurut s...pramitha adityasari<br />1601409047<br />rombel 2<br /><br />menurut saya, pengembangan moral pada aud di lembaga paud itu berbeda-beda sesuai dengan lembaga paud tersebut. setiap lembaga pasti mempunyai cara atau metode tersendiri untuk mengembangkan moral pada aud, hal ini juga disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. biasanya moral dikembangkan melalui kegiatan pembiasaan.<br />misalnya ketika datang ke sekolah anak mengucapkan salam kepada guru dan teman-teman, merapikan sepatu, membiasakan untuk mengantri, dll. sehingga anak terbiasa melakukan hal-halsesuai dengan aturan didalam kegiatan sehari-hari.pram.pampamhttps://www.blogger.com/profile/00623061407245282146noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-1326253312523325672011-03-23T01:26:48.243-07:002011-03-23T01:26:48.243-07:00lilis masithoh
1601409054
rombel 2
Menurut saya p...lilis masithoh<br />1601409054<br />rombel 2<br /><br />Menurut saya pengembangan moral anak pada lembaga-lembaga sekarang ini diterapkan dengan berbagai metode pengajaran. Metode pengajaran tersebut disesuaikan dengan program lembaga tersebut. Misalnya saja, lembaga yang berbasis islami peserta didik akan diajarkan berbagai doa-doa sebelum melakukan kegiatan apaun,dapat mentoleransi teman dsb. Sedangkan sekolah yang tidak berbasis islam biasanya menerapkan berbagai aturan dalam belajar maupun sebelum belajar,misal aturan saat bermain dengan bergantian maka anak akan dengan sabar menunggu giliran.<br />dengan pembiasaan yang dilakukan tersebut anak akan belajar moral secara langsung maupun tidak langsung. pembelajaran-pembelajaran yang diterapkan lembaga tersebut secara otomatis akan membentuk karakter anak yang baik serta membentuk moral anak.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02746409798719221924noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-90052221632103284692011-03-23T01:21:58.415-07:002011-03-23T01:21:58.415-07:00boing siti handayani dewi
1601409056
rombel 2
le...boing siti handayani dewi<br />1601409056 <br />rombel 2<br /><br />lembaga-lembaga sekolah sekarang ini sudah menerapkan pembelajaran untuk mengembangkan moral anak. hal ini diwujudkan dengan adanya area agama. moral tidak selalu diajarkan pada saat proses pembelajaran saja. moral juga dapat diajarkan dalam program pembiasaan, misalnya saja saat datang bersalaman dan mencium tangan guru, berdoa, mencuci tangan sebelum makan, mengantri dan lain-lain.<br />moral diajarkan dengan sebaik-baiknya di sekolah.dewihttps://www.blogger.com/profile/10133733599472745815noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-55375264120580807482011-03-23T01:11:00.527-07:002011-03-23T01:11:00.527-07:00Dewi Arifiani Rahmawti
Rombel 2
101409045
Menurut...Dewi Arifiani Rahmawti<br />Rombel 2 <br />101409045<br />Menurut pendapat saya, semua lembaga paud tentunya mengembangkan moral anak. Tidak dapat dipungkiri bahwa kecerdasan moral menentukan tindakan dan sifat dan sikap anak dimasa yang akan datang. Namun tidak semua lembaga tersebut memperhatikan dengan sangat pengembagan kecerdasan moral pada anak tersebut dan beberapa cenderung berfokus pada pengembangan kognitif saja. Sebenarnya pemerintah pun telah memberi perhatian kusus pada pengembangan moaral anak dengan menggalangkan pendidikan yang berbasisi karakter. Pendidikan berbasisi karekter merupakan bukti nyata bahwa ada usaha dari pemerintah untuk mengantisipasi fenomena penurunan moral.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/00750833446592742856noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-49134246518502101802011-03-23T01:09:25.852-07:002011-03-23T01:09:25.852-07:00Nur Khasanah
1601409055
Pengembangan moral pada an...Nur Khasanah<br />1601409055<br />Pengembangan moral pada anak usia dini di lembaga pendidikan pendidikan anak usia dini (PAUD) tengah digalakkan. Hal ini dapat dilihat dengan maraknya PAUD yang berbasis pendidikan karakter menjadi visi unggulan dalam lembaga pendidikan. Begitu pun dalam pelaksanaannya, kini mulai bervariatif. Dengan berpedoman pada tata silabus yang dibreakdown oleh departemen pendidikan maupun departemen agama, bagi lembaga pendidikan berbasis agama, maka lembaga PAUD dapat mengembangkan potensi peserta didik secara integratif,khususnya perkembangan moral. Diharapkan dengan adanya panduan integral akan tercipta keterpaduan perkembangan moral anak Indonesia yang dapat bersinergi dengan nilai moral yang dianut masyarakat di setiap daerah yang notabene memiliki kekhasan tersendiri. <br />Pada anak usia dini pembelajaran moral hendaknya terlebih dahulu menekankan hal yang bersifat teknis dalam rangka internalisasi nilai moral. Teknis pelaksanaan dapat diberikan melalui pemberian teladan sang pendidik, sehingga terbentuk pola kebiasaan yang baik. Baru kemudian diiringi dengan pemberian nilai secara wacana tentang baik buruknya suatu hal yang dapat di sampaikan melalui kegiatan mendongeng dan lain sebagainya.Nhanahhttps://www.blogger.com/profile/17261294160606674823noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-26643081280744850382011-03-23T00:10:34.420-07:002011-03-23T00:10:34.420-07:00Widi widiyawati Purnamasari/1601408008
1. Pebedaan...Widi widiyawati Purnamasari/1601408008<br />1. Pebedaan Seminar, Workshop, dan Training <br />• Seminar merupakan suatu pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ketua sidang (guru besar atau seseorang ahli). Pertemuan atau persidangan dalam seminar biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Seminar biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya. Seminar tentang pemasaran suatu produk, tentu dihadiri oleh para pakar bidang pemasaran. Seminar pendidikan tentu saja dihadiri oleh para ahli pendidikan. Sementara itu, peserta berperan untuk menyampaikan pertanyaan, ulasan, dan pembahasan sehingga menghasilkan pemahaman tentang suatu masalah.<br />Tidak berarti bahwa kelas tidak bisa menyelenggarakan seminar. Di kelas bisa pula diselenggarakan seminar. Yang penting bahwa kita mencoba membahas suatu masalah dengan argumen-argumen yang logis, tidak emosional. Para pembicaranya pun menggunakan gagasan, pendapat, tanggapan, pembahasan secara ilmiah pula. Lalu ada seorang pemrasaan yang menyajikan makalah.<br />• Workshop meliputi suatu latihan kerja yang didalamnya terdapat teori dan praktek dalam suatu kegiatan yang integrasi. <br />• Training merupakan untuk Mengembangkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan, Diberikan secara instruksional baik In-door maupun Out-door, Obyeknya seseorang atau sekelompok orang, Sasarannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhannya, Prosesnya mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti prosedur sehingga menjadi kebiasaan, Hasilnya terlihat dengan adanya perubahan, tepatnya perbaikan cara kerja di tempat kerja. <br />2. Tema-tema seminar tentang PAUD antara lain<br />a. Lingkungan konservasi <br />b. Art activiti <br />c. Parenting dan pemberdayaan masyarakat <br />d. Karakter Building <br />e. Kewirausahaan <br />f. Pembelajaran dikelas <br />3. Komponen-komponen dalam naskah seminar <br />• Judul, ditulis maksimal 150 karakter, termasuk huruf dan spasi.<br />Identitas penulis, ditulis di catatan kaki halaman pertama. Terdiri atas nama (tanpa gelar), alamat tempat kerja, nomor telepon/hp dan alamat email. <br />• Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 200 kata, disusun dalam satu alinea, berisi masalah, tujuan, metode, hasil dan 3-5 kata kunci. Untuk naskah dalam bahasa Inggris, tidak perlu disertai abstrak dalam bahasa Indonesia. <br />• Pendahuluan, tanpa subjudul, berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka dan tujuan penelitian. <br />• Metode penelitian, dijelaskan secara rinci, disain, populasi, sampel, sumber data, teknik/ instrumen pengumpul data, dan prosedur analisis data. <br />• Pembahasan, mengurai secara tepat dan argumentatif hasil penelitian, kaitan hasil dengan teori yang sesuai dan sistematis.<br />• Tabel atau gambar. Tabel, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks, ditulis 1 (satu) spasi, times new roman 10. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di atas tabel. Gambar, diberi nomor sesuai urutan penyebutan dalam teks. Judul singkat, padat dan jelas, terletak di bawah gambar. Maksimal 6 (enam) tabel atau gambar dalan 1 (satu) naskah. <br />• Kesimpulan dan saran. Kesimpulan menjawab masalah penelitian, pernyataan tegas. Saran logis, tepat guna dan tidak mengada-ada.Widi widiyawatihttps://www.blogger.com/profile/16558010118100152393noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2689934046596153211.post-16602475800553291292011-03-22T22:10:53.162-07:002011-03-22T22:10:53.162-07:00Fadmun F. I
1601409011
rombel 1
Semakin majunya ...Fadmun F. I <br />1601409011<br />rombel 1<br /><br />Semakin majunya zaman, semakin banyak informasi yang dengan mudah diterima oleh setiap orang, tak terkecuali anak usia dini. diantara sekian banyak informasi, maka tak jarang banyak pula pengaruh yang kurang baik bagi perkembangan moral anak.<br />Menurut analisis saya,pengembangan moral anak usia dini di lembaga pendidikan AUD ini sudah menunjukkan perkembangan yang baik. banyak lembaga pendidikan anak usia dini yang mengedepankan pendidikan karakter bagi anak. Hal itu sejalan dengan salah satu tujuan pendidikan anak usia dini, yaitu memberikan pendidikan dan pondasi akan moral yang baik bagi anak.<br />Pendidikan moral bagi anak, di terapkan oleh guru baik secara langsung dan tak langsung. Salah satunya adalah pembiasaan berbaris,bersalaman, maupun berdoa apabila akan melakukan hal apapun. Tak jarang di sekolahpun anak mulai di kenalkan dengan doa sehari-hari. Dengan penanaman dan pembiasaan moral yang baik,diharapkan anak dapat menjadi individu yang berkarakter dan dapat menjadi penerus generasi yang baik kelakUnknownhttps://www.blogger.com/profile/01336933201530938574noreply@blogger.com