Seminar PAUD

|
1.Jelaskan perbedaan seminar, workshop, dan training?
2.Sebutkan tema-tema seminar yang aktual tentang PAUD, minimal 5 tema.
3.Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen dalam naskah seminar.

Metode Pengembangan Moral dan Agama

|
Berikan pendapat dan analisis saudara tentang pengembangan moral pada anak usia dini di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini sekarang ini.

Tugas Komputer Anak (Reguler 2011)

|
Soal:
1. Apa yang dimaksud dengan Multimedia?
2. Sebutkan dan jelaskan Model-model pembelajaraan berbasis komputer?
3. Apakan saudara sudah mempraktekan pembelajaran komputer pada anak usia dini?
4. Apa manfaat pembelajaran komputer pada anak usia dini?
5. jelaskan apa yang di maksud dengan CD, DVD, CD-R, CD-RW, CD-ROM, facebook, blog, twiter, diigo, skype dan friendster
6. Sebutkan komponen-komponen dalam komputer
7. jelakan bahaya komputer pada anak?

PERKULIAHAN SEMESTER GENAP 2010/2011

|
PENGUMUMAN
BAGI MAHASISWA JURUSAN PAUD FIP UNNES, KULIAH SEMESTER GENAP DI MULAI TANGGAL 28 FEBRUARI 2011

TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN

|
PETUNJUK:
1. SETIAP MAHASISIWA HARUS MEMILIH NYANYIAN DAN MEMBUAT MEDIANYA.
2. MINGGU DEPAN SEMUA NYANYIAN DAN MEDIANYA DIPRAKTEKAN.
3. JELASKAN ASPEK PERKEMBANGAN YANG DIKEMBANGKAN DALAM NYANYIAN DAN MEDIA TERSEBUT
4. SATU KELAS TIDAK BOLEH ADA YANG SAMA.

SOAL:
BUATLAH NYANYIAN DAN MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN BAIK DI TPA, KB DAN TK.

MEDIA PEMBELAJARAN

|

MEDIA PEMBELAJARAN


1. BERIKAN MASUKAN MATERI APA YANG PERLU DIMASUKAN DALAM MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
2. MATERI APA YANG SUDAH SAUDARA KUASAI DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

PENTINGNYA KURIKULUM MUATAN LOKAL YANG MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS

|
PENTINGNYA KURIKULUM MUATAN LOKAL
YANG MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS


Oleh: Edi Waluyo


Pertanyaan yang paling mendasar berkaitan dengan pengembangan kurikulum adalah apakah guru mampu mendesain, mengimpelementasikan dan mengevaluasi kurikulum muatan lokal yang mengembangkan life skills di tingkat satuan pendidikan.


Pengembangan kurikulum yang mempersiapkan peserta didik untuk mengembangkan potensi daerah belum berjalan secara baik di masing-masing tingkat satuan pendidikan, hal ini ditandai dengan belum memasyarakatnya kurikulum muatan lokal yang mengembangkan potensi masing-masing daerah dan masih banyaknya muatan lokal yang seragam antara sekolah yang satu dengan yang lain.
Dari hasil survay pendahuluan keterbatasan sekolah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal sesuai dengan potensi daerah dalam mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan-kemampuannya yang sesuai dengan lingkungannya, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
1. Kurangnya sumber daya manusia yang tersedia untuk mengembangkan kurikulum muatan lokal yang sesuai dengan potensi daerah.
2. Kurangnya pemahaman guru/sekolah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal.
3. Adanya kurikulum muatan lokal yang sudah ada sebelumnya, dirasakan oleh sekolah sudah cukup untuk memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik.
4. Terbentur masalah dana yang digunakan untuk pengembangan kurikulum muatan lokal.