PETUNJUK:
1. SETIAP MAHASISIWA HARUS MEMILIH NYANYIAN DAN MEMBUAT MEDIANYA.
2. MINGGU DEPAN SEMUA NYANYIAN DAN MEDIANYA DIPRAKTEKAN.
3. JELASKAN ASPEK PERKEMBANGAN YANG DIKEMBANGKAN DALAM NYANYIAN DAN MEDIA TERSEBUT
4. SATU KELAS TIDAK BOLEH ADA YANG SAMA.
SOAL:
BUATLAH NYANYIAN DAN MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN BAIK DI TPA, KB DAN TK.
MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN
1. BERIKAN MASUKAN MATERI APA YANG PERLU DIMASUKAN DALAM MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
2. MATERI APA YANG SUDAH SAUDARA KUASAI DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
PENTINGNYA KURIKULUM MUATAN LOKAL YANG MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS
PENTINGNYA KURIKULUM MUATAN LOKAL
YANG MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS
Oleh: Edi Waluyo
Pertanyaan yang paling mendasar berkaitan dengan pengembangan kurikulum adalah apakah guru mampu mendesain, mengimpelementasikan dan mengevaluasi kurikulum muatan lokal yang mengembangkan life skills di tingkat satuan pendidikan.
Pengembangan kurikulum yang mempersiapkan peserta didik untuk mengembangkan potensi daerah belum berjalan secara baik di masing-masing tingkat satuan pendidikan, hal ini ditandai dengan belum memasyarakatnya kurikulum muatan lokal yang mengembangkan potensi masing-masing daerah dan masih banyaknya muatan lokal yang seragam antara sekolah yang satu dengan yang lain.
Dari hasil survay pendahuluan keterbatasan sekolah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal sesuai dengan potensi daerah dalam mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan-kemampuannya yang sesuai dengan lingkungannya, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
1. Kurangnya sumber daya manusia yang tersedia untuk mengembangkan kurikulum muatan lokal yang sesuai dengan potensi daerah.
2. Kurangnya pemahaman guru/sekolah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal.
3. Adanya kurikulum muatan lokal yang sudah ada sebelumnya, dirasakan oleh sekolah sudah cukup untuk memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik.
4. Terbentur masalah dana yang digunakan untuk pengembangan kurikulum muatan lokal.
YANG MENGEMBANGKAN LIFE SKILLS
Oleh: Edi Waluyo
Pertanyaan yang paling mendasar berkaitan dengan pengembangan kurikulum adalah apakah guru mampu mendesain, mengimpelementasikan dan mengevaluasi kurikulum muatan lokal yang mengembangkan life skills di tingkat satuan pendidikan.
Pengembangan kurikulum yang mempersiapkan peserta didik untuk mengembangkan potensi daerah belum berjalan secara baik di masing-masing tingkat satuan pendidikan, hal ini ditandai dengan belum memasyarakatnya kurikulum muatan lokal yang mengembangkan potensi masing-masing daerah dan masih banyaknya muatan lokal yang seragam antara sekolah yang satu dengan yang lain.
Dari hasil survay pendahuluan keterbatasan sekolah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal sesuai dengan potensi daerah dalam mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan-kemampuannya yang sesuai dengan lingkungannya, disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
1. Kurangnya sumber daya manusia yang tersedia untuk mengembangkan kurikulum muatan lokal yang sesuai dengan potensi daerah.
2. Kurangnya pemahaman guru/sekolah dalam mengembangkan kurikulum muatan lokal.
3. Adanya kurikulum muatan lokal yang sudah ada sebelumnya, dirasakan oleh sekolah sudah cukup untuk memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik.
4. Terbentur masalah dana yang digunakan untuk pengembangan kurikulum muatan lokal.
TUGAS: KOMPUTER ANAK (KELAS TEGAL)
PETUNJUK:
1. Berikan komentar/argumentasi pembelajaran komputer anak
2. Berikan komentar dengan mencantumkan Nama dan NIM saudara
3. Komentar/argumentasi saudara dihitung sebagai pertemuan tambahan perkuliahan
4. Selamat mencoba dan belajar.. SUKSES..
SOAL:
1. Dalam standar kompetensi pendidik PAUD, pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Jelaskan
2. Bekal kemampuan apa yang harus dimiliki oleh pendidik dalam pembelajaran komputer anak di kelas.
3. Berikan masukan-masukan tentang materi pembelajaran komputer anak yang perlu ditambahkan.
Tugas Mata Kuliah PIP
Petunjuk:
1. Soal ini berkaitan dengan argumentasi/pendapat saudara, sehingga tidak ada komentar/jawaban yang sama
2. Soal ini berkaitan dengan mata kuliah pengantar ilmu pendidikan
3. Mahasiswa yang menjawab/memberi komentar pada soal ini, sekaligus dianggap sebagai presensi pertemuan perkuliahan yang terakhir.
Soal:
1. Jelakan apa yang dimaksud dengan pendidikan menurut pendapat saudara?
2. Bagaimana peran pendidik/guru dalam pembelajaran di kelas?
2. Dinegara kita, model pendidikan apa yang paling sesuai?
1. Soal ini berkaitan dengan argumentasi/pendapat saudara, sehingga tidak ada komentar/jawaban yang sama
2. Soal ini berkaitan dengan mata kuliah pengantar ilmu pendidikan
3. Mahasiswa yang menjawab/memberi komentar pada soal ini, sekaligus dianggap sebagai presensi pertemuan perkuliahan yang terakhir.
Soal:
1. Jelakan apa yang dimaksud dengan pendidikan menurut pendapat saudara?
2. Bagaimana peran pendidik/guru dalam pembelajaran di kelas?
2. Dinegara kita, model pendidikan apa yang paling sesuai?
GURU SEBAGAI PENGEMBANG KURIKULUM
GURU SEBAGAI PENGEMBANG KURIKULUM
Oleh: Edi Waluyo*)
Pendidikan membutuhkan peran serta dari berbagai komponen baik itu orang tua, masyarakat, pemerintah maupun institusi pendidikan itu sendiri. Tetapi apakah semua komponen itu sudah bersinergi untuk membangun pendidikan di negara kita.
Oleh: Edi Waluyo*)
Pendidikan membutuhkan peran serta dari berbagai komponen baik itu orang tua, masyarakat, pemerintah maupun institusi pendidikan itu sendiri. Tetapi apakah semua komponen itu sudah bersinergi untuk membangun pendidikan di negara kita.
Langganan:
Postingan (Atom)